Tampil Gagah..!! Jaksa Agung RI Kenakan Baju Keagungan Raja Sanggau Kalbar Saat Hadiri HUT RI di Istana Merdeka

Tampil Gagah..!! Jaksa Agung RI Kenakan Baju Keagungan Raja Sanggau Kalbar Saat Hadiri HUT RI di Istana Merdeka


FOTO : Jaksa Agung RI ST Burhanuddin kenakan duplikasi baju Raja Sanggau, Kalbar saat menghadiri upacara detik-detik HUT Kemerdekaan RI ada Istana Negara, Jakarta (Ist)

Sery Tayan – redaksi

SANGGAU – radarkalbar.com

TAK ubahnya pejabat negara lain. Jaksa Agung RI Prof DR H Sanitiar (ST) Burhanuddin SH MM, juga mengenakan pakaian adat saat menghadiri upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Istimewanya, Jaksa Agung RI tersebut mengenakan pakaian kebesaran (keagungan, red) Raja Sanggau, Kalbar, Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si.

Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si mengaku sangat bangga dan terharu, Jaksa Agung RI berkenan mengenakan baju bermotif dan bercorakan serta desain, yang sama kebesaran Keraton Surya Negara Sanggau.

“Sangat..sangat bangga kita. Bapak Jaksa Agung mau mengenakan baju desain dan motifnya sama dengan baju kebesaran Keraton Surya Negara Sanggau. Apalagi pada momen bersejarah peringatan HUT RI ke Istana Negara,” ungkap pria yang akrab dengan sapaan Pak Teh ini.

Bapak 4 putri ini menjelaskan, ihwal hingga Jaksa Agung RI mengenakan pakaian kebesaran Raja Sanggau tersebut, merupakan hasil karya desainer kebanggaan Sanggau, Lubna Cahyani, yang pernah berkuliah pada Telkom University jurusan Fashion Designer.

Desainer ini beberapa bulan lalu, beberapa bulan lalu sempat memamerkan karya nya melalui ajang fashion show bertemakan Batik Sabang Merah shas Sanggau.

Kemudian, yang paling anyar adalah fashion show bertemakan Sulam Kalengkang khas Melayu Sanggau, berlangsung pada padepokan Keraton Surya Negara Sanggau.

“Desainer asal Sanggau ini, Lubna Cahyani terinspirasi langsung dari baju kebesaran yang saya kenakan, jika ada ritual Paradjek Pasaka Negeri dan berbagai kegiatan sakral lainnya,” jelasnya.

Lantas kata Raja Sanggau karena adanya fasilitasi dari Kajari Sanggau, Anton Rudiyanto. Sehingga adanya pembuatan baju kebesaran Keraton Sanggau ini oleh desainer Lubna Cahyani.

“Ini berkat Kajari Sanggau, Pak Anton Rudiyanto maka baju Keraton Surya Negara Sanggau terbuatkan. Dan sehingga Jaksa Agung mengenakan saat ke Istana Merdeka, pada momen spesial,” ucapnya.

Tentunya ini sambung Raja Sanggau, merupakan kehormatan bagi para sesepuh, zuriat dan keluarga besar Keraton Surya Negara.