Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Se-Kabupaten Di SMP Negeri 2 Meliau, 25 April 2024 – DISDIKBUD

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Se-Kabupaten Di SMP Negeri 2 Meliau, 25 April 2024 – DISDIKBUD


 

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP untuk Bulan April Tahun 2024 diselenggarakan di SMP Negeri 2 Meliau, yang belokasi di Desa Meliau Hulu Kecamatan Meliau. MKKS ini dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah Jenjang SMP di Kabupaten Sanggau serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, yaitu Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMP, Theofilus Panggilingan, ST dan Staf, beserta Koordinator Pengawas dan Pengawas Sekolah Jenjang SMP se-Kabupaten Sanggau.

Tema dari MKKS ini adalah Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Transformasi Digital Untuk Mensukseskan TSSP

Ini adalah kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Kabupaten Sanggau pertama yang diadakan setelah libur Panjang Idul Fitri, disamping musyawarah kerja, para kepala sekolah memanfaatkan moment ini untuk silatuhrahmi satu sama lain.

Kegiatan diawali oleh Program Kreativitas Siswa (P5), pergelaran seni musik angklung oleh siswa/i SMP Negeri 2 Meliau dilanjutkan seni tari campuran oleh siswa/i SMP Negeri 2 Meliau, kegiatan seperti ini tidak hanya menghibur para peserta kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Kabupaten Sanggau tetapi juga sebagai bahan pembelajaran para Kepala Sekolah untuk mencontoh dan menerapkan di sekolah masing-masing.

Pembukaan kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Kabupaten Sanggau dimulai oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Meliau, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh perwakilan Kapolres  dan perwakilan Camat Meliau sekaligus membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Kabupaten Sanggau.

Selanjutnya adalah materi dan arahan yang disampakan oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Jenjang SMP, Theofilus Panggilingan, ST.  dalam hal ini Kabid Pembinaan Pendidikan SMP menyampaikan catatan dan evaluasi selama bulan berjalan di satuan Pendidikan jenjang SMP, sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan di Satuan Pendidikan demi terciptanya Pendidikan yang lebih berkualitas untuk anak-anak di Kabupaten Sanggau

dilanjutkan dengan  Sambutan dari Ketua MKKS Jenjang SMP Kabupaten Sanggau, dan dilanjutkan sesi tanya jawab oleh seluruh peserta kemudian seluruh rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Jenjang SMP Kabupaten Sanggau ditutup.

 

Hal-hal yang disampaikan oleh Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau antara lain :

  1. Mendorong Optimalisasi peran dan tanggungjawab Kepala Sekolah untuk terus beradaptasi terhadap teknologi dalam hal implementasi Tes Sumatif Satuan Pendidikan (TSSP) di satuan Pendidikan Jenjang SMP di Kabupaten Sanggau, karena teknologi sangat membantu dalam hal efektivitas penyelenggaraan Satuan Pendidikan.
  2. Penyampaian Kebijakan terkait TSSP, Petunjuk Teknis Penulisan Blanko Surat Keterangan Lulus (SKL)
  3. Mengingatkan kepada ketua Sub Rayon untuk kegiatan dalam waktu dekat yaitu Sosialisasi Penulisan Blanko Ijazah yang akan diadakan di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau
  4. Tindak Lanjut Festival Gelar Karya P5 Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 s/d 8 Mei 2024 di Hotel Harvey Sanggau
  5. Kebijakan dan Tindak Lanjut hasil Pelaporan LPJ BOSP Tahun 2023
  6. Monitoring dan Evaluasi terhadap Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Kependidikan;
  7. Kebijakan Peningkatan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah
  8. Tindakan pencegahan oleh Guru dan Kepala Sekolah terhadap kekerasan yang terjadi di lingkungan Satuan Pendidikan
  9. Hal-hal lain yang dianggap perlu.