111 Calon Jamaah Haji Kabupaten Sanggau 2024 Ikuti Manasik Haji

111 Calon Jamaah Haji Kabupaten Sanggau 2024 Ikuti Manasik Haji



TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Sebanyak 111 Calon Jamaah Haji (CJH) reguler Kabupaten Sanggau tahun 2024 mengikuti manasik haji tingkat Kecamatan yang dilaksanakan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sanggau di Masjid Agung Al-Mu’awwanah Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis 25 April 2024.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sanggau, Muhammad Hasbi mengatakan bahwa manasik haji tingkat Kecamatan dilaksanakan 8 kali pertemuan. Pelaksanaannya dimulai dari tanggal 23 sampai 30 April 2024.

Kemudian dilanjutkan kembali pada manasik haji tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 2 Mei 2024.

“Isi dari manasik haji adalah teori sekaligus juga praktek, fiqih haji, kemudian praktek tawaf, sai dan aktifitas selama ibadah haji. Ditambah lagi dengan hal-hal teknis lain,” katanya, Jumat 26 April 2024.

Terkait persiapan calon jamaah haji lanjutnya, sudah sangat matang, mulai dari paspor hingga bio visa juga sudah selesai diurus.

Kemenag Kapuas Hulu: Para Calon Jamaah Haji Akan Laksanakan Manasik Pada 2 Mei Mendatang

“Alhamdulillah terkait dengan administrasi jemaah haji, paspornya sudah selesai. Kemudian proses bio visa juga sudah selesai,” tuturnya.

Selanjutnya, dari sisi kesehatan, kondisi jasmani calon jamaah haji telah melalui proses pemeriksaan/medical cek up dari sebelum kegiatan manasik dilaksanakan. Aturan yang baru calon jamaah hari harus dipastikan sehat terlebih dahulu sebelum melakukan pelunasan biaya haji.

“Kalau tahun lalu jamaah bisa melakukan pelunasan tanpa medical cek up, tapi tahun ini jamaah harus melakukan medical cek up terlebih dahulu. Setelah dipastikan kesehatannya baru yang bersangkutan bisa melakukan pelunasan,” ujarnya.

Oleh karenanya, ia memastikan seluruh jamaah yang berangkat dalam keadaan fisik yang sehat dan mampu melaksanakan ibadah dengan baik. Pada saat manasik jamaah telah diberikan penyuluhan kesehatan dan dilakukan vaksinasi oleh tim medis Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

“Jadi proses untuk kesehatan jamaah itu sudah jauh-jauh hari dilaksanakan sebelum manasik. Ketika manasik juga dilakukan penyuluhan kesehatan, sekaligus kemarin tim dari kesehatan melakukan vaksin meningitis dan vaksin influenza untuk semua jamaah,” tuturnya.

Terkait jadwal keberangkatan, calon jamaah haji Kabupaten Sanggau masuk dalam kloter 18 bersama Kabupaten Kubu Raya, Sintang dan Sekadau. Keberangkatannya dari Kabupaten Sanggau akan dilaksanakan pada 28 Mei 2024 menuju Kota Pontianak, kemudian pada tanggal 29 Mei transit ke Batam yang selanjutnya akan terbang pada tanggal 30 Mei ke Kota Jedah Arab Saudi. (*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini