Babak Baru Sidang TPPO di PN Sanggau, Korban Mau Dikirim ke Kamboja

Babak Baru Sidang TPPO di PN Sanggau, Korban Mau Dikirim ke Kamboja


FOTO : Juru Bicara PN Sanggau, Wakibosri Sihombing saat memberikan keterangan, terkait persidangan TPPO (ist)

SANGGAU – radarkalbar.com

RANGKAIAN persidangan kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan terdakwa HCG terus bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Sanggau.

Sidang akan kembali digelar, dengan agenda pemeriksaan saksi dan ahli dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang dijadwal pada Rabu (31/1/2024).

Juru bicara PN Sanggau, Wakibosri Sihombing mengatakan proses persidang terus bergulir, sesuai jadwal.

Menurutnya, terdakwa HCG awalnya hendak membawa 3 orang WNI untuk dapat masuk ke Malaysia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi Entikong, dengan menggunakan dokumen dan keterangan yang tidak benar,

“Korban itu ada dua yang akan diberangkatkan ke Kamboja. Sedangkan satu lagi itu nebeng mau ke Kuching Malaysia, dan sebelumnya juga bekerja di Kamboja. Kedua korban berasal dari Sumatra dan Pontianak,” Wakibosri.

Namun kata Wakibosri, jika berdasarkan keterangan tersangka, dia hanya sebagai sopir. Akan tetapi terdakwa ini berkomunikasi atau berkoordinasi langsung dengan seseorang di Kamboja yang juga warga Indonesia

“Kedua orang korban tersebut akan berangkat dari Malaysia ke Kamboja, sebagai admin judi online atau scamming,” terangnya.

Atas dasar dari perbuatan terdakwa, dakwaannya yang pertama Keimigrasian yang ancamannya minimal 5 tahun maksimal 15 tahun. Lantas, yang kedua terkait Perlindungan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) dengan ancamanya maksimal 10 tahun.

“Perkara ini masih terus berproses, jadi belum bisa disimpulkan. Kami belum bisa mencerita keseluruhan, masih ada 4 atau 5 kali sidang lagi. Nah, saat ini sedang berproses dan sidang lanjutan dengan agenda masih pemeriksaan saksi dan ahli, yang dijadwal pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2024,” paparnya.

Ia pun mempersilahkan awak media untuk meliput jalannya persidangan terkait perkara ini.

” Silahkan bila ingin meliput agenda sidang besok,”ucapnya. (SrY)