Sekda Sanggau Resmikan Rumah Adat Tawakng Gomoris Desa Penyelimau Jaya

Sekda Sanggau Resmikan Rumah Adat Tawakng Gomoris Desa Penyelimau Jaya


SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, MM didampingi ketua GOW kabupaten Sanggau Cristiani Sri Kusumastuti meresmikan Rumah Adat Tawakng Gomoris sekaligus membuka secara simbolis Gawai Nosu Minu Podi di Desa Penyelimau Jaya Kecamatan Kapuas. Sabtu (24/6/23).

Dalam sambutannya Sekda Sanggau menjelaskan bahwa dalam perjalanan membangun rumah adat tersebut sangat panjang,
“Tadi dijelaskan ketua panitia bahwa pembangunan ini memakan waktu selama sembilan tahun, mulai dari tahun 2004, akhirnya selesai pada hari ini dapat kita resmikan,” ujar Kukuh Triyatmaka.

“Tapi karena ada niat bersama dan gotong royong, maka hari ini kita dapat resmikan rumah adat ini,” sambung Kukuh.

Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah tentu mendukung peningkatan nilai kebudayaan dan keagamaan sesuai dengan Visi Misi Kepala Daerah.
“Kami juga tentu mengapresiasi kerjasama dan kekompakan serta semangat gotong royong masyarakat di tempat ini,” ucap Sekda Kabupaten Sanggau.

Kukuh Triyatmaka juga berharap agar rumah adat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik, untuk meningkatkan nilai adat istiadat serta budaya yang ada di Penyelimau Jaya.
“semoga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kebudayaan serta hal hal positif lainnya sehingga memberikan warna yang baik bagi masyarakat di tempat ini,” pungkasnya.

Di akhir sambutannya ia mengajak masyarakat untuk tetap bersatu dan menjaga keharmonisan serta kekompakan yang terlihat saat peresmian rumah adat tersebut.
“Karena ada norma, ada aturan adat, maka saya pesan agar kita dapat hidup rukun berdampingan antar sesama,” tegas Kukuh menutup sambutannya.