Pj Bupati Sanggau Serahkan LKPD 2023 Unaudited Ke BPK RI Perwakilan Kalbar

Pj Bupati Sanggau Serahkan LKPD 2023 Unaudited Ke BPK RI Perwakilan Kalbar



//DISKOMINFO – SANGGAU//

Pontianak – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan pemerintah daerah, bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Barat. Selasa (2/4/2024).

Pj. Bupati Sanggau, Suherman mengatakan, penyerahan LKPD Unaudited Tahun 2023 kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat tersebut merupakan kewajiban kepala daerah sesuai undang-undang.

“LKPD Unaudited adalah laporan yang diserahkan kepada BPK RI sebelum pemeriksaan selesai. Ini adalah amanat undang-undang yang wajib dilaksanakan oleh seorang kepala daerah,” katanya.

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kalimantan Barat Wahyu Priyono berharap pemerintah daerah dapat bekerja sama dengan baik dan kemudahan komunikasi dari para kepala daerah serta seluruh jajarannya, untuk memberikan data dan keterangan yang diperlukan dalam proses pemeriksaan.

“Supaya pemeriksa BPK dapat melaksanakan tugas pemeriksaan dengan baik dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai dasar BPK yaitu integritas, independensi dan profesionalisme,” imbuhnya.

Dengan dilaksanakannya penyerahan LKPD tersebut, maka BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat akan segera melaksanakan pemeriksaan terinci atas LKPD Unaudited TA 2023.

Selanjutnya, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap pemerintah kabupaten/kota dalam jangka waktu paling lambat 60 hari.

“Terhitung setelah LKPD Unaudited Tahun Anggaran 2023 kami terima sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara pada Pasal 17 ayat 2,” katanya.

Penulis : Rizky Kurniyawan

Editor   : E.A.Lusy