Lubang Hiasi Badan Jalan di Tanjakan Semboja Sanggau, Begini Tanggapan Warga

Lubang Hiasi Badan Jalan di Tanjakan Semboja Sanggau, Begini Tanggapan Warga


FOTO : salah satu titik badan jalan pada turunan – tanjakan Semboja, Kelurahan Bunut, Kota Sanggau yang dihiasi lubang, membahayakan pengguna jalan (Ist)

SANGGAU – radarkalbar.com

LUBANG menganga yang menghiasi badan jalan pada tanjakan atau turunan kawasan Semboja, Kota Sanggau, Kalbar dikeluhkan pengguna jalan, sejak beberapa hari belakangan ini.

Pasalnya, sudah beberapa pengendara terjatuh dan mengalami cidera, karena sepeda motor yang mereka tunggangi terperosok dalam lubang menganga tersebut.

Bukan itu saja, karena adanya lubang tersebut, sehingga membuat ruas badan jalan menjadi mengecil. Dan ini tentunya sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Ya, memang sudah beberapa pengendara sepeda motor terjatuh, karena sepeda motornya masuk dalam lubang itu. Kan yang berlubang itu, pas pada jalan menurun. Jadi, sangat berbahaya,”ungkap Sulaiman, slaah seorang warga Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kamis (15/2/2024).

Menurut Sulaiman, dirinya salah seorang warga yang tiap hari melintasi ruas jalan tersebut. Jadi, mengetahui bagaimana kondisi jalan tersebut.

“Bahayanya, jika berpapasan. Gimana kita mau ngelak lubang. Dan dari depan ada kendaraan menanjak. Jadi, kalau tidak hati-hati, maka bisa celaka,” gerutunya.

Pria yang akrab disapa Laiman ini menambahkan, sebetulnya disamping badan jalan tersebut, penahan tebingnya sudah beberapa tahun digerus longsor. Namun, hingga saat ini juga belum ditangani instansi terkait.

“Di sebelah jalan yang berlubang ini, terkena longsor. Namun, tak kunjung juga diperbaiki,” imbuhnya.

Senada dilontarkan pengguna jalan lainnya, bernama Siti. Ibu rumah tangga ini mengaku khawatir dengan kerusakan jalan tersebut. Karena mengundang bahaya bagi pengguna jalan, khususnya yang mengendarai sepeda motor.

“Sangat bahaya sekali. Apalagi kalo lama diperbaiki. Kami ini, tiap hari ngantar anak sekolah. Jika tak hati – hati lewat di jalan itu, bisa-bisa terjatuh,” cetusnya.

Untuk diketahui, jalan rusak dan berlubang tersebut berada di ruas jalan nasional atau negara. Maka tanggungjawab perbaikannya berada di Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Barat. (Sery Tayan)