Upaya Nyata Tekan Prevalensi DBD, Kajari Sanggau Inisiasi Fogging Massal dan Bentuk Posko Siaga

Upaya Nyata Tekan Prevalensi DBD, Kajari Sanggau Inisiasi Fogging Massal dan Bentuk Posko Siaga


FOTO : Kajari Sanggau, DR. Anton Rudiyanto memegang mesin fogger, saat melaksanakan fogging pada salah satu sekolah di Kota Sanggau (Ist)

Pewarta/editor : Sery Tayan

SANGGAU – radarkalbar.com

WUJUD kepedulian terhadap kesehatan warga. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau menginisiasi pelaksanaan fogging (pengasapan, red), pada Senin (13/11/2023).

Fogging ini, merupakan salah satu metode untuk pencegahan meluasnya wabah demam berdarah dengue (DBD).

Hal ini dilakukan Kejari Sanggau, atas rasa prihatin, mengingat sebaran penderita DBD di Kabupaten Sanggau menunjukan trend peningkatan, sejak beberapa pekan belakangan ini. Bahkan, angka penderita meninggal dunia pun turut bertambah.

Menariknya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau DR. Anton Rudiyanto, S.H, M.H bersama Plt Kepala BPBD Sanggau, Budi Darmawan S.Tp, M.M terjun langsung memegang mesin fogger, dalam melaksanakan fogging massal tersebut.

Bahkan, orang nomor satu di korp Adhyaksa Sanggau ini, tak sungkan turun ke selokan membersihkan sampah yang membuat air tergenang.

Pelaksanaan fogging perdana ini, menyasar pada lingkungan SDN 09 Sanggau dan SDN 05 Sanggau.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Sanggau, Adi Rahmanto S.H mengatakan kegiatan itu merupakan kerjasama Kejari Sanggau, BPBD dan instansi lainnya, serta berbagai komunitas.

Menurutnya, pelaksanaan fogging ini, dirangkai dengan pemberian bantuan berupa minyak serai dan Abate. Bukan itu saja, Kejari Sanggau membuka posko bersama siaga bencana.

“Ini merupakan upaya Kejaksaan Sanggau untuk terus berusaha melakukan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, termasuk membuka posko siaga bencana,” ungkap Kasi Intelijen Kejari Sanggau, Adi Ramhanto, S.H, dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/11/2023).

Untuk itu kata Adi, apabila masyarakat ingin lingkungan sekitarnya dilakukan fogging, baik rumah, sekolah dan area publik lainnya bisa mendatangi atau melaporkan ke Posko Siaga tersebut. Dan berada di halaman kantor Kejaksaan Negeri Sanggau.

“Harapan kita, dengan fogging ini dapat memotong siklus perkembangbiakan nyamuk tersebut. Sehingga dapat menekan penularan kasus DBD di Kabupaten Sanggau,” harapnya.

Pria yang dikenal ramah ini menyampaikan pesan Kajari Sanggau DR. Anton Rudiyanto agar masyarakat dapat berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan. Karena dengan lingkungan yang bersih, niscaya akan terhindar dari berbagai penyakit.