Jasa Raharja Sanggau : FKLL Solusi Konkret Tekan Lakalantas

Jasa Raharja Sanggau : FKLL Solusi Konkret Tekan Lakalantas


POTO : Momen berpoto bersama usai rakor FKLL, berlangsung di ruang rapat Dinas Perhubungan Sanggau (Ist)

Pewarta/editor : Sery Tayan

SANGGAU – RADARKALBAR.COM

PERLU adanya solusi konkret guna menekan meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi sepanjang tahun di wilayah Kabupaten Sanggau.

Untuk itu, menjadi perhatian bersama mencari solusi konkret, guna menekan meningkatnya kasus kecelakaan lalu lintas.

Pj Jasa Raharja Sanggau, Rendi Septianto usai mengikuti rapat koordinasi (rakor) Forum Komunikasi Lalu Lintas (FKLL) dan Angkutan Jalan di wilayah Kabupaten Sanggau mengatakan kegiatan ini dihadiri berbagai stakeholder. Dimana diantaranya dihadiri unsur Pemkab Sanggau, Jasa Raharja Sanggau, Satlantas Polres Sanggau, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, KPU Sanggau, dan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertama nan.

“Nah, kita duduk bersama seluruh unsur terkait lalu lintas untuk mengambil langkah-langkah nyata. Tentunya bagaimana menekan angka kasus kecelakaan yang tinggi ini, bisa berkurang,” ungkapnya pada Senin (27/2/2023).

Menurut Rendi, berdasarkan data kasus kecelakaan lalu lintas dibahas mulai jumlah kasus, lokasi rawan laka, jenis kendaraan yang terlibat hingga rentang waktu terjadinya kecelakaan yang banyak merenggut korban jiwa.

“Yang paling disorot rentang waktu seringnya terjadi kecelakaan yaitu pukul 09.00 sampai 12.00 WIB, dan pukul 15.00 hingga 18.00 WIB. Kemudian didominasi kendaraan roda dua,” tuturnya pria asal Sintang ini.

Ditegaskan, keselamatan masyarakat dalam berkendara dan berlalu lintas menjadi perhatian penuh bagi para pemangku kepentingan di Kabupaten Sanggau. Tentunya ini, sebagai salah satu upaya proaktif dalam menekan jumlah kecelakaan lalu lintas serta meminimalisir fatalitas korban.

“Jasa Raharja Kabupaten Sanggau menginisiasi kegiatan rakor dan membahas perihal upaya pencegahan kecelakaan yang telah dilakukan. Dan akan dilakukan yang berkaitan dengan tugas pokok masing-masing intansi yang tergabung dalam FKLL di wilayah Kabupaten Sanggau,” cetusnya.

Diketahui, kegiatan rakor ini dibuka dan dilanjutkan pemaparan Kepala Dinas Perhubungan Sanggau diwakili Sekretaris Dishub Zainal berkenaan dengan analisa dan evaluasi FKLL tahun tahun 2023 di wilayah Kabupaten Sanggau.

Selanjutnya masing-masing instansi menyampaikan masukan terkait upaya pencegahan kecelakaan yang telah dilakukan dan akan dilakukan.

“Forum ini merupakan salah satu ruang diskusi dan membahas berbagai permasalahan di jalan raya dengan lintas sektor. Nah, tujuannya untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas,”tegasnya.

Rendi berharap hasil rapat ini dapat mengoptimalisasi peran dari FKLL dalam pencegahan kecelakaan. Sehingga dapat meminimalisir fatalitas kecelakaan lalu lintas khususnya di wilayah Kabupaten Sanggau.