Yok Simak..! Ini Profil Dr. Muhammad Faisal, M.M.PD, Caleg DPRD Provinsi Kalbar dari PKB, Dapil 6 Sanggau - Sekadau

Yok Simak..! Ini Profil Dr. Muhammad Faisal, M.M.PD, Caleg DPRD Provinsi Kalbar dari PKB, Dapil 6 Sanggau – Sekadau


FOTO : Dr. Muhammad Faisal, M.M.PD (ist)

SANGGAU – radarkalbar.com

TAK hanya memiliki kapasitas dan wawasan luas semata. Namun, komitmen yang kuat untuk mengabdi kepada masyarakat, serta keberanian dalam memperjuangkannya.

Tentunya hal itu yang menjadi syarat mendasar dan harus dimiliki oleh seorang wakil rakyat.

Potret tersebut tercermin dan melekat pada sosok Dr. Muhammad Faisal M.M.P.D, yang merupakan calon legislatif (caleg) DPRD Provinsi Kalimantan Barat, dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) daerah pemilihan (dapil) 6 meliputi Kabupaten Sanggau dan Sekadau.

Semula kata pria dengan sapaan akrab Faisal ini, dirinya tidak tertarik dengan dunia politik. Ia hanya ingin membaktikan dirinya hanya di lembaga pendidikan saja. Dan berkiprah dalam mencerdaskan anak-anak, sehingga tercipta sumber daya manusia yang handal.

Selain itu, maklum saja, meniti hidup bersama keluarga kecilnya, dengan jabatan yang diembannya saat ini, tentulah secara materi lebih dari cukup.

Namun kata Faisal, dirinya telah berulang kali menolak dengan halus, dorongan dan aspirasi sejumlah tokoh di Kabupaten Sanggau dan Sekadau, meminta dirinya untuk mengikuti konstestasi politik, berlaga dan menjadi caleg DPRD Provinsi Kalbar, dari PKB dan dapil 6 Sanggau – Sekadau.

Alhasil, hatinya pun luluh. Meski, sebelumnya ia sempat sowan ke beberapa ulama, untuk memohon wejangan.

Sejak itu, dalam diri Faisal, Pemilu 2024 baginya menjadi momentum tersendiri untuk melangkahkan arah perjuangan dan pengabdiannya kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Sanggau – Sekadau secara lebih nyata.

“Awalnya saya sempat menolak dengan halus, dorongan dan aspirasi yang disampaikan para tokoh. Tapi, akhirnya saya bulatkan tekad untuk maju. Semoga langkah saya ini diamin. Oleh karenanya, saya merasa terpanggil untuk memperjuangkan hak-hak, dan terpenuhnya kebutuhan masyarakat melalui kursi parlemen,” ungkapnya, pada Rabu (31/1/2024).

Ditambahkan Faisal, jika warga di Kabupaten Sanggau dan Sekadau mengamanahkan kepada dirinya. Maka ia akan siap menjadi pendengar yang baik. Mendengarkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat. “Siap menjadi penyambung lidah masyarakat,”ucapnya.

“Siap menjadi penyambung lidah masyarakat,”ucapnya.

Ditambahkan, banyak hal yang bisa dilakukan seorang anggota dewan, untuk mendorong kebijakan yang pro terhadap kepentingan masyarakat. Karena hal ini terkait dengan kualitas fungsi DPRD meliputi fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan yang perlu dioptimalkan.

Profil lengkap Dr. Muhammad Faisal, M.M.PD
Sosok Muhammad Faisal, merupakan salah satu putra terbaik asal Kecamatan Tayan Hilir, atau tepatnya dilahirkan di Dusun Dalam Tayan, Desa Pedalaman, pada 15 Mei 1985 atau 39 tahun yang lalu.

Pria yang baru saja mengantongi gelar Doktor di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, merupakan anak pasangan H. Achmad bin H. Abdullah dan Fatimah binti H. Midi.

Saat ini, Dr. Muhammad Faisal, M.M.PD menjabat sebagai Direktur Umum dan Ketua Sekolah Agama Islam Ma’arif Sintang Kal-bar. Selain itu, ia masih mengajar di Pondok Pesantren Agropolitan Nurul Ma’arif dan Dosen di STAI Ma’arif Sintang.

Terhitung, sejak bulan Juli 2006, Dr. Muhammad Faisal, M.M PD sudah menjadi tenaga pendidik di Yayasan Pondok Pesantren Agropolitan Nurul Ma’arif.

Jabatan Direktur Umum dan Ketua Sekolah Agama Islam Ma’arif Sintang Kal-bar disandangnya hingga saat ini, dari tahun 2009.

Sejak tahun 2009, ia sudah menjadi dosen serta karier di strukturnya staf di jurusan PAI dan menjabat Wakil Ketua 3 bidang Kemahasiswaan.

Pengarang Buku

Dr. Muhammad Faisal, M.M.PD juga merupakan pengarang buku. Sejumlah karangan dia, diantaranya buku biografi Kyai Haji Muhammad Gozali dengan judul “Berkarya Sepanjang Masa Ber-Inovasi Tiada Henti.”

Kemudian, menulis di jurnal terindeks nasional dan internasional dengan judul “Manajemen moderasi Beragama di Era digitalisasi” dan “Manajemen pendidikan Karakter peserta didik” serta manajemen kelas dan manajemen pendidikan holistik.

Pengalaman organisasi

Selain itu, Dr. Muhammad Faisal, M.M. PD aktif dalam sejumlah organsasi :

1. Ketua PC. PMII Kabupaten Sintang.

2. Ketua IKA PMII Kabupaten Sintang.

3. Sekretaris Anshor Kabupaten Sintang.

4. Wakil Ketua LPTQ Sintang.

5. Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi MUI Sintang.

6. Sekretaris Umum Ikatan Saudagar Muslim Indonesia.

7. Ketua Bidang Pendidikan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Kalbar.

8. Wakil Ketua Umum Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Ke-Agamaan Islam se Kalimantan.

9. Ketua Ikatan Sarjana Nadhatul Ulama Kabupaten Sintang.

Riwayat Pendidikan

Adapun riwayat pendidikan Dr. Muhammad Faisal, M.M.PD :

1. Pendidikan SDN 03 Tayan Hilir.

2. MTs Al-Hikmah Tayan Hilir.

3. MA Al-Ma’arif Sintang.

4. Pendidikan S1 di STAI Ma’arif Sintang.

5. Pendidikan S2 di Universitas Islam Nusantara Bandung.

6. Jenjang S3 Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar. (SrY/probis**)