[HOAKS] Hubungan Presiden Jokowi dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin Memburuk karena Presiden Jokowi Sibuk Mengurus Relawan Tim Pemenangan Prabowo-Gibran – 31/01/2024

Penjelasan :

Beredar unggahan melalui media sosial Instagram, sebuah video dengan klaim yang menyebutkan bahwa hubungan antara Wakil Presiden (Wapres) Ma’aruf Amin dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini tengah memburuk. Dalam video menyebutkan bahwa hubungan yang memburuk ini disebabkan karena Presiden Jokowi dianggap tidak netral dalam bersikap terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan dianggap terlalu sibuk mengorganisir relawan tim pemenangan Prabowo-Gibran. Selain itu, tindakan Presiden Jokowi yang memanfaatkan Tim Kemenangan Nasional (TKN) untuk bagi-bagi sembako kepada masyarakat agar mendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2 tersebut.

Dilansir   turnbackhoax.id, Wapres Ma’aruf Amin tidak menerima laporan terkait sikap tidak netral Presiden Jokowi dari para tokoh nasional, seperti yang disampaikan di dalam video. Melansir dari salah satu artikel yaitu dari detik.com, diketahui bahwa pertemuan Wapres dengan para tokoh nasional tersebut merupakan sebuah pertemuan resmi yang digagas oleh Gerakan Nurani Bangsa. Wapres Ma’ruf Amin menerima kunjungan Gerakan Nurani Bangsa yang diwakili Majelis Hukama Muslimin, Quraish Shihab, hingga Sinta Nuriyah Wahid. Pertemuan tersebut membahas persatuan bangsa hingga netralitas saat pemilu. Kemudian, tentang Presiden Jokowi yang memanfaatkan TKN untuk bagi-bagi bansos dari paslon nomor urut 02, melansir dari artikel yang diunggah oleh tempo.co, isu mengenai Presiden Jokowi bagi-bagi bansos paslon nomor urut 02 berasal dari video di mana Presiden Jokowi tampak tengah membagikan bansos di depan baliho Prabowo-Gibran. Namun, hal tersebut telah diklari?kasi secara resmi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Ari menyatakan bahwa kegiatan Presiden Jokowi bagi-bagi bansos tersebut tidak berkaitan dengan baliho pasangan Prabowo-Gibran.

 

Link Counter: