[HOAKS] Pemerintah Australia Menyarankan Memanfaatkan Pemberian Vaksin kepada Pasien di Bawah Pengaruh Obat Bius – 23/01/2024

Penjelasan :

Beredar sebuah informasi bahwa pemerintah Australia menyarankan untuk secara oportunis atau memanfaatkan kesempatan untuk memberikan vaksinasi kepada pasien yang sedang dalam pengaruh obat penenang atau bius.

 

Faktanya, dilansir dari turnbackhoax.id, bukan secara oportunis atau memanfaatkan kesempatan pemberian vaksin kepada pasien yang sedang dalam pengaruh obat penenang, melainkan maksud dari saran pemerintah tersebut adalah menggunakan anestesi atau obat bius untuk masyarakat yang takut terhadap jarum suntik. Mengutip dari Agence France-Presse (AFP), berdasarkan hasil penelusuran, dokumen yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan Australia mengimbau bahwa pemberian vaksin dengan obat bius harus dengan persetujuan pasien bukan memanfaatkan seseorang yang sedang tidak sadar karena pengaruh obat penenang. Dilansir dari klikdokter.com, penggunaan anestesi sebelum suntik dapat mematikan rasa pada daerah yang akan terkena jarum suntik, sehingga pasien tidak akan merasakan sakit.

 

Link Counter: