[HOAKS] Relawan Gibran Rakabuming Raka Aniaya Relawan Ganjar Pranowo – 06/01/2024

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook berdurasi 13 menit 33 detik yang mengeklaim bahwa relawan dari calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka menganiaya relawan dari pasangan calon (paslon) lainnya. Pada klaim tersebut disebutkan bahwa relawan paslon yang dianiaya adalah relawan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

 

Faktanya, klaim yang menyebutkan bahwa relawan Gibran Rakabuming Raka menganiaya relawan Ganjar Pranowo adalah tidak benar. Dilansir dari kompas.com, beredarnya klaim pada unggahan video tersebut merupakan buntut tindak penganiayaan yang diduga dilakukan oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) terhadap relawan pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Namun sampai saat ini, tidak ditemukan bukti kredibel terkait pelaku penganiayaan tersebut merupakan relawan Gibran Rakabuming Raka. Komandan Kodim (Dandim) 0724/Boyolali Letkol Inf Wiweko Wulang Widodo memastikan tidak ada motif politik yang melatarbelakangi tindak penganiayaan tersebut.

 

Link Counter:

–      https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/01/05/203000982/-hoaks-relawan-gibran-me nganiaya-relawan-ganjar?page=all page2