Dirut dan Pensus Menko Marves Saksikan Bupati Sanggau me-Launching TVRI Satuan Transmisi Ber-siaran Digital 4 Kanal

Dirut dan Pensus Menko Marves Saksikan Bupati Sanggau me-Launching TVRI Satuan Transmisi Ber-siaran Digital 4 Kanal


FOTO : Bupati Sanggau Paolus Hadi didampingi Direktur LPP TVRI Iman Brotoseno, Penasehat Khusus Menko Marves bidang komunikasi Hj Ezki Tri Rezeki, Kepala Stasiun TVRI Kalbar Deasy Indriani, serta Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Drs H Gusti Arman M Si saat menekan sirene tanda dimulainya siaran digital Satuan Pemancar Sanggau (Sery Tayan)

Sery Tayan – redaksi

SANGGAU – radarkalbar.com

PEMANCAR TVRI satuan transmisi Sanggau, terletak pada kawasan Jalan Sutan Syahrir, Kelurahan Beringin, resmi bersiaran digital, sejak Minggu (3/9/2023).

Hal itu ditandai dengan seremoni launching (peluncuran, red) oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi, berupa penekanan sirene dan penandatanganan prasasti.

Pemancar digital TVRI satuan transmisi Sanggau ini terbilang istimewa. Pasalnya, momen peresmian ini disaksikan langsung Direktur LPP TVRI, Iman Brotoseno, Penasehat Khusus (Pensus) Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi bidang komunikasi, Ny Ezki Tri Rezeki.

Hadir saat itu, Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si, Kadis BMSDA Ir H John Hendri M Si, serta sejumlah pihak lainnya.

Diketahui, dengan beroperasinya pemancar siaran digital pada TVRI Satuan Transmisi Sanggau ini, akan menayangkan 4 kanal masing-masing TVRI Nasional, TVRI Sport, TVRI World dan TVRI Kalbar.

Direktur Utama LPP TVRI, Iman Brotoseno dalam sambutannya mengungkapkan TVRI merupakan wadah langsung dibawah Presiden RI. Dan bukan tergabung dalam Kementerian Komunukasi dan Informasi (Kominfo).

“TVRI merupakan lembaga dibawah dan langsung ke Pak Presiden. Jadi pelaporan apa segala, TVRI langsung ke Pak Presiden. Dan TVRI bukan dibawah naungan Kemen Kominfo,” ujarnya Iman,” tegasnya.

Iman juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sanggau yang telah memfasilitasi acara peresmian Satuan transmisi TVRI Sanggau.

“Saya berterima kasih kepada Pemkab Sanggau. Khususnya kepada Pak Bupati yang telah memfasilitasi hingga kegiatan ini, berjalan sukses,” ucapnya.

Ia menyebutkan dengan beroperasinya Satuan Transmisi TVRI Sanggau bersiaran digital, maka akan membawa warna baru bagi masyarakat Sanggau.

Menurutnya, dengan kekuatan power digital 500 watt, maka satuan transmisi Sanggau ini dapat menjangkau 50 kilometer.

Selain itu TVRI secara nasional juga memiliki beragam konten informasi, hiburan dan pendidikan dari berbagai daerah pada nusantara, yang dapat disaksikan oleh masyarakat Sanggau.

“Peresmian siaran digital TVRI di Satuan Transmisi Sanggau ini memberikan warna baru. Karena TVRI dapat ditonton hingga ke pelosok daerah. Lain halnya dengan TV Stasiun lainnya yang menyajikan konten dari daerah ibukota dan ditonton oleh masyarakat pada daerah,’ ungkapnya.

“TVRI menjadi wadah masyarakat Sanggau untuk mencari informasi, hiburan dan pendidikan yang tepat”, katanya.

Sementara, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyambut baik adanya siaran TVRI Digital pada satuan transmisi tersebut.

“TVRI adalah media milik pemerintah yang harus didukung oleh pemerintah daerah. Karena melalui TVRI program-program pembangunan baik pusat maupun daerah yang disiarkan dapat menjadi acuan dalam menentukan kebijakan stakeholder di Kabupaten Sanggau,” ungkapnya.

Pria yang akrab dengan sapaan PH ini menambahkan dengan bersiaran digital tentunya hadir dengan kualitas jernih dan lebih jauh jangkauannya daripada stasiun TV lainnya.

“Kehadiran siaran digital TVRI ini diharapkan dapat menjadi saluran yang diminati masyarakat. Kita dari pemerintah daerah selalu mesupport,” cetusnya.

Untuk itu kata PH, kedepan hendaknya saling berkoordinasi, apa saja yang dapat Pemkab Sanggau bantu, agar infrastruktur TVRI ini dapat lebih baik lagi.

“Kedepan Pemkab Sanggau dan TVRI kita perkuat koordinasi. Terkait apa yang bisa dijadikan support dari Pemkab Sanggau,” ucapnya.

Seremoni peresmian ini ditandai dengan penekanan sirene oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Usai seremoni peresmian tersebut, dilaksanakan pula penyerahan secara simbolis bantuan set top box (STB), diberikan Bupati Sanggau Paolus Hadi, Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno, dan Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara.

Selanjutnya, usai peresmian, Bupati Sanggau Paolus Hadi dan Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno bersama Plt Direktur Umum TVRI, Kepala Stasiun TVRI Kalimantan Barat, Deasy Indriani melakukan peninjauan ke sejumlah ruangan pada pemancar dan kantor TVRI Sanggau.