Dukung KLA, Dishub Sanggau Bangun Zona Selamat Sekolah

Dukung KLA, Dishub Sanggau Bangun Zona Selamat Sekolah


Dukung KLA, Dishub Sanggau Bangun Zona Selamat Sekolah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau berkomitmen mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). Komitmen itu ditunjukkan dengan terus memperkuat sinergitas program di masing-masing perangkat daerah untuk mendukung terwujudnya KLA.

Satu di antaranya adalah Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sanggau. Zona Selamat Sekolah (ZoSS) yang dibangun di dua lokasi di dalam kota menjadi bukti Dishub mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Kabupaten Sanggau Andrew Setiawan mengatakan, dua ZoSS yang dibangun berada di depan SD Negeri 09 Sanggau dan SMP Negeri 02 Sanggau.

“Ini bentuk komitmen pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan keselamatan lalu lintas khususnya anak-anak, dan juga dalam rangka mewujudkan Kabupaten Layak Anak,” ujarnya, Senin (5/12/2022).

Ia menyebut, dipilihnya dua lokasi tersebut karena lalu lintas kendaraan di dua jalur tersebut tergolong padat. Sehingga pemerintah daerah hadir untuk memberikan perlindungan anak dari kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Ini antisipasi kita, jangan sampai anak-anak kita jadi korban kecelakaan. ZoSS ini sebagai tanda bagi setiap pengendara harus berhati-hati ketika melintasi kawasan itu. Pembangunan Zoss maupun zebra cros ini juga dilindungi Undang-undang,” terang Andrew.

Ia menambahkan, Dishub Sanggau menargetkan setiap sekolah memiliki ZoSS. Karena keberadaan ZoSS sangat penting bagi keselamatan anak.

“Tahun ini kita realisasikan dua dulu, tahun depan rencananya ada lagi. Semoga dengan dibangunnya ZoSS ini dapat mencegah laka lantas di lingkungan sekolah,” tutup Andrew. (jul)