Juara 4 Lomba PKBN Tingkat Provinsi, Ini Tanggapan Arita Apolina


  • Jumat, 11 September 2020
  • 16:27 WIB
  • Juara 4 Lomba PKBN Tingkat Provinsi, Ini Tanggapan Arita Apolina

    Juara 4 Lomba PKBN Tingkat Provinsi, Ini Tanggapan Arita Apolina

    //DISKOMINFO-SGU//

    SANGGAU – Kabar baik untuk Kabupaten Sanggau raih juara 4 pada Lomba Penyuluhan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) tingkat Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020. Keputusan ini diterbitkan melalui surat Keputusan Dewan Juri, pada tanggal 11 September 2020.

    Menanggapi hal ini, selaku Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina menyatakan senang dengan kabar ini. Meskipun Kabupaten Sanggau tidak masuk posisi tiga besar, setidaknya Kabupaten Sanggau bisa menjadi yang terbaik dari Kabupaten yang belum beruntung.

    “Yang namanya perlombaan pasti ada yang menang, ada yang kalah. Saya yakin dewan juri sangat subjektif dalam menilai, “ ujar Arita saat dihubungi via seluler, Jumat (11/9/2020).

    Arita juga menuturkan, jika belum juara 1 artinya peserta lomba harus dipersiapkan lebih matang lagi sehingga, bisa mendapatkan penilaian yang terbaik.

    “Kita harus optimis, target manang pasti ada, sayangnya untuk tahun ini belum bisa tercapai. Inilah pembelajaran sekaligus motivasi untuk kita agar tahun berikutnya bisa berkompetisi lebih baik lagi,” ujar Arita.

    Sementara Tim Penggerak PKK Kabupaten Sanggau mengirimkan perwakilan, Titis Kartikawati Kader Pokja I PKK Kabupaten Sanggau.

    Lomba yang diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi Kalimantan Barat tersebut dilakukan secara virtual, pada tanggal 26 Agustus 2020 yang lalu di sekretariat TP PKK masing-masing Kabupaten/Kota.

    Ketika ditanya soal seberapa besar manfaat dari lomba PKBN tersebut, Arita sangat mengapresiasinya. Menurutnya, kegiatan seperti ini lebih baik lagi jika diselenggarakan untuk semua kalangan, mulai dari tingkat pelajar hingga masyarakat umum. Sehingga dampak dari kegiatan ini bisa mempengaruhi jiwa korsa masyarakat untuk lebih mencintai Indonesia.

    “Kalau kita memaknai kata kesadaran bela negara, artinya sangat luas dan bisa kita terapkan dengan berbagai cara sesuai dengan tingkatan usia di masyarakat. Contoh kecilnya, bagaimana kita para orang tua membimbing anak-anak kita mulai sejak dini untuk mencintai karya-karya buatan Indonesia, terlebih untuk produk lokal,” jelas ibu dari empat anak yang pernah bergelut di dunia pendidikan tersebut.

    Sesuai tema Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 ini, “bangga buatan Indonesia”, Arita yang juga Ketua Dekranasda ini mengimbau masyarakat Kabupaten Sanggau untuk mendukung produk lokal untuk meningkatkan perekonomian UMKM di Kabupaten Sanggau.

    Sumber : Dokpim Setda Sanggau




    Like it? Share with your friends!