DKPTPHP-Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) merupakan bagian dari gaya hidup sehat akhir-akhir ini. Pasalnya, ikan merupakan sumber protein yang kaya nutrisi. Konsumsi ikan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan perkembangan otak pada anak-anak. Selain manfaat kesehatan, gerakan makan ikan juga mendukung praktik perikanan yang berkelanjutan.

Kali ini Kampanye Gemarikan diadakan di Desa Sungai Batu, di Aula Kantor Kepala Desa Sungai Batu, pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2024. Turut mengundang Pj. Bupati Sanggau Suherman SH,MH, Kepala perangkat Daerah, PJ. Ketua TP. PKK Kabupaten Sanggau ny Lusia, Camat Kapuas, Kepala Desa Sungai Batu.

Selain sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kab.Sanggau. Kegiatan Lokakarya Keamanan Konsumsi Pangan  Merupakan Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh DKPTPHP Kab. Sanggau Dalam Upaya Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Sesuai Dengan Pasal 60 Undang Undang No 18 Tahun 2012 Tentang Pangan Bahwa Pemerintah Dan Pemerintah Daerah Berkewajiban Mewujudkan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Untuk Memenuhi Gizi Masyarakat Dan Mendukung Hidup Sehat , Aktif Dan Produktif, Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dan Membudayakan Pola Konsumsi Pangan Yang Beragam, Bergizi Seimbang, Dan Aman Serta Sesuai Dengan Potensi Dan Kearifan Lokal.Pemilihan Lokasi Kegiatan Lokakarya Keamanan Konsumsi Pangan Di Desa Sungai Batu Karena Termasuk Dalam Data Lokus Stunting Sesuai Dengan Keputusan Bupati Sanggau Nomor 166/Dinsos P3akb/2022 Tentang Penetapan Desa Lokus Prioritas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Sanggau Tahun 2023 Dan 2024.

Tujuan Kegiatan Lokakarya Keamanan Konsumsi Pangan  Antara Lain Adalah Untuk :

  • Meningkatkan Pengetahuan Petugas Dan Masyarakat Dalam Menganalisis Penganekaragaman Pangan.
  • Meningkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Petugas Dalam Menyusun Kegiatan Pengembangan Konsumsi Pangan Berbasisi Pada Potensi Pangan Wilayah

Membudayakan Penggunaan Pangan Lokal Dan Makanan Tradisional Serta Menciptakan Menu Sehat Yang Beraneka Ragam Dan Seimbang Dalam Pola Konsumsi Masyarakat Dan Keluarga.

  • Terlaksananya Lokakarya Keamanan Konsumsi Pangan Di Kabupaten Sanggau .
  • Meningkatnya Kesadaran Masyarakat Akan Pola Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, Dan Aman (B2sa)
  • Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Melalui Diversifikasi Pangan


Share.
Exit mobile version