KABAR SANGGAU – Koordinator divisi pencegahan dan partisipasi masyarakat sekaligus Humas Bawaslu Sanggau, Saparudin mengungkapkan, baru tiga Kecamatan yang menindaklanjuti saran perbaikan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

“Catatan kami kalau tidak salah dari lima belas kecamatan, baru tiga kecamatan yang sudah memberikan jawaban tindaklanjut beserta bukti tindaklanjutnya ke Bawaslu,” kata Saparudin didampingi seluruh komisioner Bawaslu saat menggelar press release pengawasan coklit, Kamis, 25 Juli 2024.

Sebelumnya, Bawaslu menemukan sedikitnya 457 pemilih yang sudah meninggal dunia dan tidak memenuhi syarat masih dilakukan coklit oleh Pantarlih.

“Totalnya ada 641 temuan hasil pengawasan yang kami lakukan. 641 temuan itu dari berbagai pelanggaran. Ada yang sudah dicoklit tapi tidak dipasang stiker, ataupun ada yang sudah dicoklit tapi tidak ditandai khusus pemilih disabilitas, dan dihari terakhir ada juga warga yang berhak memilih tapi tidak dicoklit,” ujarnya.

Baca juga: Bawaslu Sanggau Gelar Sosialisasi Partisipatif




Share.
Exit mobile version