KABAR SANGGAU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sanggau menggelar sosialisasi partisipatif bertempat di lantai dua hotel Harvey Kota Sanggau, Kamis 25 Juli 2024. Acara yang diikuti pimpinan organisasi masyarakat dan media massa itu bertujuan menumbuhkan semangat partisipatif masyarakat dan media massa untuk mengawasi jalannya proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) November 2024 mendatang.

“Dalam kegiatan hari ini nantinya ada dua narasumber yang akan menyampaikan materi, dan diakhir kegiatan akan ada penandatanganan atau MoU pengawasan partisipatif,” kata Koordinator divisi pencegahan dan partisipasi masyarakat dan Humas Bawaslu Sanggau, Saparudin saat sambutan.

Saparudin mengapresiasi kehadiran peserta sebagai wujud komitmen mendukung jalanya proses Pilkada.

“Harapan kami bahwa partisipasi masyarakat bisa betul-betul menjadi mata dan telinga Bawaslu untuk mengawasi Pilkada agar bisa berjalan sesuai yang kita harapkan,” ungkapnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Kalbar, Faisal Riza saat membuka sosialisasi partisipatif menyampaikan, keterlibatan masyarakat dalam setiap even Pemilu sudah diatur dalam Undang-undang.

“Bawaslu tanpa masyarakat seperti anak kehilangan induk, karena Bawaslu lahir dari rahimnya masyarakat,” kata Faisal.

Faisal menyebut ada tiga alasan kenapa masyarakat penting terlibat dalam pengawasan Pemilu. Pertama alasan filosofis.

Baca juga: Bawaslu Sanggau Temukan 13 Kelalaian Pantarlih Selama Coklit Pilkada 2024




Share.
Exit mobile version