KABAR SANGGAU – Sanitarian dari 19 Puskesmas di Sanggau mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang diinisiasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau, bertempat di aula Dinas Kesehatan Sanggau, Rabu 3 Juli 2024.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Dinkes Sanggau, Stepanus Jonedi mengatakan, bimbingan teknis disampaikan langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar.

“Yang memberi materi itu Ibu Dewi Suryanti, Fungsional Sanitarian Madya, Kesling Dinkes Provinsi Kalimantan Barat. Jadi yang disampaikan beliau ini kebijakan. Intinya nanti aplikatif, karena semua sudah online. Nanti ada aplikasi baru dan akan dipergunakan oleh mereka ini, namanya My STBM,” kata Stepanus Jonedi kepada usai mengikuti bimtek.

Menurutnya, data-data STBM ini semuanya harus melalui aplikasi, real time. Artinya dari penginput sampai ke pusat, saat itu bisa dilihat dalam waktu yang sama. Semua data dari lima pilar STBM.

Baca juga: Ancaman Karhutla Jelang Musim Panas, Ini yang Dilakukan BPBD Sanggau

“Lima pilar itu, berhenti buang air besar sembarangan (ODF), cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga, dan pengolahan limbah cair rumah tangga,” terang Stepanus.




Share.
Exit mobile version