TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau Kubin mengatakan bahwa saat ini cadangan beras pemerintah daerah Kabupaten Sanggau sebanyak 111 ton.

“Kemarin di keluarkan sekitar 20 ton karena ada bencana banjir, setidaknya ada 90 an ton ketersediaan kita. Beras itu disimpan di Bulog. Pemerintah pusat melalui Bulog juga selalu standby berasnya di Kabupaten Sanggau, di gudang Bulog pasti tersedia,” katanya, Selasa 2 Juli 2024.

Tahun 2024 ini lanjut Kubin, masih ada pengadaan lagi sebanyak 4 ton beras. Saat ini masih berproses, karena jadwalnya pada Juli 2024 ini.

Rapat Akhir Panitia, Ketua DAD Sanggau Ajak Masyarakat Saksikan Pelaksanaan Gawai Dayak

“Mudah-mudahan bulan Juli ini sudah bisa nambah. Ketersediaan yang tadi 90 an tambah 4 ton ini, maka ada cadangan 94 ton beras,” jelasnya.

Kubin mengatakan, cadangan beras pemerintah daerah Kabupaten Sanggau, jika kekurangan dalam kondisi bencana maka dapat diusulkan kepada Pemerintah Provinsi Kalbar untuk membantu penyaluran cadangan beras pemerintah daerah provinsi bagi masyarakat di Kabupaten yang memerlukan.

“Nah ketika daerah kurang, kita juga bisa mengusulkan kepada pemerintah pusat, cadangan beras nasional. Seperti kejadian tahun 2021 dulu kita juga di backup up oleh cadangan beras nasional,” pungkasnya. (*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini




Share.
Exit mobile version