TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Sejumlah wilayah di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, dilanda banjir, Selasa 21 Mei 2024.

Banjir diduga diakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Budi Darmawan mengatakan bahwa banjir akibat luapan sungai itu melanda beberapa wilayah di 7 Kecamatan di Kabupaten Sanggau.

“Kecamatan Tayan Hilir (2 Desa), Kecamatan Tayan Hulu (3 Desa), Kecamatan Balai (2 Desa), Kecamatan Kembayan (2 Desa), Kecamatan Beduai (2 Desa), Kecamatan Sekayam (1 Desa) dan Kecamatan Entikong (2 Desa),” katanya, Rabu 22 Mei 2024 malam.

Program Desa Cerdas Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik di Desa Pusat Damai Sanggau

Hujan dengan intensitas tinggi dari sore hari hingga dini hari diduga menjadi penyebab terjadinya banjir tersebut.

“Akibat hujan dengan intensitas tinggi dari sore hari sampai menjelang dini hari menyebabkan meluapnya sungai dan menggenangi pemukiman warga,” katanya.

Kondisi terkini, di Kecamatan Tayan Hilir yaitu Desa Sejotang dan Desa Balai Ingin banjir masih menggenangi area pemukiman warga dan masih berpotensi bertambah tinggi.

Lalu, Kecamatan Tayan Hulu di Desa Menyabo banjir bandang dan banjir yang menggenangi jalan raya sudah surut, kemudian beberapa rumah warga masih terendam banjir.

Kemudian di Desa Berakak dan Desa Sosok, banjir masih menggenangi beberapa rumah warga dan banjir masih berpotensi naik.

Kecamatan Balai (2 Desa) banjir di Desa Ilir dan Desa Cowet masih menggenangi area pemukiman warga dan masih berpotensi naik, karena kiriman banjir dari Desa Sosok dan Desa Berakak.

Kecamatan Kembayan (2 Desa) di Desa Tanjung Bunga dan Desa Semayang banjir luapan sungai merowi masih menggenangi pemukiman warga.

Kecamatan Beduai (1 Desa ), banjir akibat luapan sungai terjadi di Desa Mawang Muda dan saat ini banjir masih menggenangi area pemukiman warga.

Bidang Damkar Satpol PP Sanggau Evakuasi Seekor Ular yang Masuk ke Area Rumah Warga

Selanjutnya di Kecamatan Sekayam (1 Desa), meluapnya sungai Sekayam menyebabkan banjir menggenangi area pemukiman rumah warga di Dusun Balai 2 dan Balai 5 Desa Balai Karangan.

Kecamatan Entikong (1 Desa) akibat luapan sungai Sekayam dan menggenangi pemukiman warga di Desa Entikong. 




Share.
Exit mobile version