TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Hujan dengan intensitas lebat yang terjadi di Kabupaten Sanggau mengakibatkan banjir bandang di dusun Lape Desa Lape, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu 1 Mei 2024 sekitar pukul 18.00 WIB.

“Hujan lebat dengan durasi yang cukup lama diduga memicu banjir bandang,”kata Pelaksana tugas kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Budi Darmawan, Rabu 1 Mei 2024 malam.

Akibat banjir bandang tersebut, sebanyak 17 rumah terdampak dan air sempat masuk ke rumah warga dan tembok satu diantara rumah warga juga ambruk.

“Kondisinya saat ini sudah surut dan aliran sungai batu sudah normal kembali,” jelasnya.

Potensi Hujan sedang Hingga Lebat, Masyarakat Kapuas Hulu Diminta Waspada Banjir dan Tanah Longsor 

Budi menambahkan, banjir bandang diduga disebabkan tingginya curah hujan dengan intensitas yang cukup lama.

“Di area itu tidak ada aliran anak sungai yang mampu menampung curahan air dan terjadi  pendangkalan di area tersebut, sehingga meluap keluar ke jalan hingga ke pemukiman warga,” jelasnya.

Dadi TRC BPBD Kabupaten Sanggau juga turun ke lokasi untuk membantu membersihkan rumah warga yang sempat terendam dan membuang airnya.

“Kita sudah turunkan anggota TRC untuk membantu warga. Saat ini banjir sudah surut dan normal seperti biasa,” pungkasnya.

Banjir di Badau Sudah Surut, BPBD: Mungkin Perlu Normalisasi Sungai

(*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW disini

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version