Inspektorat Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Workshop Penyusunan Risk Register Guna Meningkatkan Manajemen Risiko di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau Tahun 2023

Inspektorat Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Workshop Penyusunan Risk Register Guna Meningkatkan Manajemen Risiko di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau Tahun 2023


Dalam upaya meningkatkan efektivitas manajemen risiko di lingkungan pemerintah Kabupaten Sanggau, telah diselenggarakan workshop penyusunan risk register yang diikuti oleh para kepala sub bagian perencanaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau. Kegiatan ini dihelat dengan tujuan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko yang mungkin timbul selama pelaksanaan kegiatan pemerintahan.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh lebih dari 30 peserta dari berbagai Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Sanggau. Workshop ini didesain interaktif dengan kombinasi diskusi dan studi kasus untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya penyusunan risk register dalam pengelolaan risiko.

Workshop dibuka secara resmi oleh Plt. Inspektur Kabupaten Sanggau, Bapak Drs. Paulus Usrin, M.Si, yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya upaya bersama dalam menghadapi tantangan dan risiko yang mungkin muncul dalam setiap kegiatan pemerintahan. Beliau juga menekankan perlunya penerapan praktik manajemen risiko yang baik guna mencapai tujuan pembangunan daerah secara lebih efisien dan efektif.

Selama workshop, para peserta mendapatkan pengetahuan mendalam tentang langkah-langkah penyusunan risk register, mulai dari identifikasi risiko, penilaian risiko, hingga pengembangan strategi mitigasi. Materi-materi tersebut dipresentasikan oleh narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat sebagai ahli dalam bidang manajemen risiko yang memiliki pengalaman luas dalam konteks pemerintahan.

Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi langkah nyata menuju peningkatan kapasitas dan kualitas manajemen risiko di lingkungan pemerintah Kabupaten Sanggau, yang pada gilirannya akan mendukung tercapainya pembangunan daerah yang berkelanjutan dan berdaya saing.