Tata cara Penerbitan STR Nakes V.2.0

PRESENTASI BUPATI SANGGAU DALAM TAHAPAN PENILAIAN INNOVATIVE GOVERNMENT AWARD (IGA) TAHUN 2023 – BAPPEDA


Pada tahun 2023, Kabupaten Sanggau mengirimkan sebanyak sepuluh inovasi unggulan daerah. Dalam presentasinya, Bupati Sanggau yang didampingi oleh para kepala perangkat daerah yang mengirimkan inovasi unggulannya pada tahun ini, menyampaikan dua inovasi unggulan daerah Kabupaten Sanggau yaitu e-BANSOS sebagai Inovasi Unggulan Daerah Digital dan PEKEBUN BERMARTABAT sebagai Inovasi Unggulan Daerah Non Digital.

e-BANSOS merupakan pengembangan SIDOMPU untuk penekanan terhadap pengusulan, verifikasi data bantuan social yang lebih mudah, akurat, akuntabel dan tidak manual. Dengan e-BANSOS, pelayanan sosial khususnya pelayanan bantuan sosial berdasarkan klasifikasinya seperti Bantuan Lanjut Usia, Bantuan ODGJ, Bantuan Tunai Kemensos, BLT DD, PBI, JKN KIS, Program Keluarga Harapan, Program Sembako, RTLH dan bantuan lainnya menjadi semakin mudah, tanpa biaya, transparan, valid dan update serta berdampak secara nyata dalam mewujudkan penataan administrasi desa dan kelurahan. Selain itu masyarakat menjadi paham mekanisme pengajuan bansos. Hal ini dibuktikan dengan telah diusulkannya sebanyak 2.574 usulan bansos.

Sementara itu dengan PEKEBUN BERMARTABAT, data terhimpun secara akurat pada satu sumber sebagai bahan perencanaan yang lebih akurat, produktivitas tanaman perkebunan tinggi (target sejajar produktivitas nasional)Buku Panduan GAP Spesifik Kabupaten Sanggau tersedia, Pekebun memiliki kekuatan dalam bermitra dengan memiliki legalitas lahan dan usahanya. Sampai dengan saat ini sudah terdata 1.189 persil dengan luas 7.997,36 Ha. Dengan adanya PEKEBUN BERMARTABAT diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pekebun dan menjamin kelestarian lingkungan.