103 Personel Kodim 1204 Sanggau Ikuti Rikkes Jelang Latihan Kesamaptaan dan UKP

103 Personel Kodim 1204 Sanggau Ikuti Rikkes Jelang Latihan Kesamaptaan dan UKP


POTO : prajurit Kodim 1204 Sanggau saat mengikuti rikkes (Ist)

Pewarta/editor : Pendim 1204/Sery Tayan

SANGGAU – RADARKALBAR.COM

SEDIKITNYA 103 personel Kodim 1204 / Sanggau mengikuti pemeriksaan kesehatan (rikkes), berlangsung di aula Satria Wibawa, pada Kamis (30/3/2023).

Pemeriksaan kesehatan ini, merupakan salah satu persyaratan bagi personel yang akan mengikuti kesamaptaan, untuk kenaikan pangkat.

Rangkaian rikkes ini, setiap personel diperiksa satu persatu mulai dari pengecekkan tensi (tekanan darah), berat badan dan rekam jantung. Diketahui, kegiatan rikkes diawali dengan mengisi formulir kesehatan.

Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Bayu Yudha Pratama menegaskan rikkes mutlak harus dilaksanakan, untuk mengetahui kesehatan personel yang akan melakukan Samapta. Tentunya untuk mengetahui apakah terindikasi sakit atau tidak. Apabila ada yang terindikasi sakit maka disarankan untuk berobat ke rumah sakit.

“Jika ditemukan sakit, maka anggota tersebut tidak diwajibkan mengikuti samapta periodik dan uji kenaikan pangkat,” ujarnya.

Menurut Dandim, rikkes ini dilaksanakan secara berjenjang dan bertingkat setiap pelaksanaan samapta periodik maupun ujian kenaikan pangkat.

“Rikkes ini tentunya dapat memberikan pengetahuan keadaan kondisi tubuh personel. Tentu dengan melakukan pemeriksaan, dapat mencegah timbulnya penyakit. Sehingga tubuh kita tetap sehat dan prima,”pungkasnya.