Budayakan Jangan Buang Sampah Sembarangan – Dinas Lingkungan Hidup

Budayakan Jangan Buang Sampah Sembarangan – Dinas Lingkungan Hidup


Persoalan sampah adalah masalah yang tidak akan ada habisnya. Setiap hari orang-orang menghasilkan sampah. Sampah tidak bisa hilang dari kehidupan kita. Banyaknya sampah yang dihasilkan oleh manusia tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat dalam menangani sampah. Akibatnya, sampah menjadi masalah yang cukup serius. 

Salah satu contoh ketidaksadaran masyarakat dalam menangani sampah adalah masih seringnya orang-orang membuang sampah sembarangan. Sungai yang seharusnya dijaga kebersihannya, kadang malah dijadikan tempat sampah yang “tepat” bagi mereka. Taman yang seharusnya dijaga kebersihannya dan keindahannya, kadang harus menjadi taman penuh sampah karena ketidaksadaran masyarakat dalam membuang sampah.

Sampah harus dibuang ke tempat yang tepat agar tidak menjadi masalah. Tempat sampah jangan hanya untuk dipandang, atau bahkan hanya dijadikan hiasan. Tempat sampah harus menjadi tempat untuk sampah. 

Kesadaran masyarakat dalam menangani sampah bisa diwujudkan. Hal itu bisa dimulai dari kita sendiri. Mari kita buang sampah di tempatnya. Sesekali mari kita juga mengingatkan teman kita atau orang di sekitar kita untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat sampah. 

Berkaca dengan hal diatas dan melihat kondisi drainase di beberapa saluran air yang menyumbat karena adanya sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau secara rutin melakukan kegiatan pembersihan drainase dan saluran air. seperti pada 2 (dua) hari ini sabtu dan minggu (4-5/3/2022) dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau dan Kehati Herlina MP,ST Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau melakukan kegiatan pembersihan drainase dan saluran air di depan Kantor Perpustakaan sampai pasai jarai dan Belakang Kantor Pemda Sanggau.

Kabid Ruang Terbuka Hijau dan Kehati berharap kepada masyarakat Kota Sanggau untuk dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke selokan dan parit karena kalau terjadi penyumbatan akan mengakibatkan genangan air sehingga dapat menimbulkan banjir.