Tugboat Penarik Tongkang Bauksit PT KBP Tenggelam di Perupuk, Tayan Hilir


  • Senin, 6 Juli 2020
  • 19:07 WIB
  • Tugboat Penarik Tongkang Bauksit PT KBP Tenggelam di Perupuk, Tayan Hilir

    radarkalbar.com, TAYAN HILIR-  Sebuah Tug Boat (kapal penarik) Mega Sukses XII tenggelam di depan Jetty (pelabuhan) pengapalan bauksit milik PT Kalbar Bumi Perkasa (PT KBP), terletak di Dusun Perupuk, Desa Beginjan, Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Minggu (5/7/2020).

    Tak ada korban dalam musibah itu. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 4 Milyar lebih.

    Kapolres Sanggau AKBP Raymond M Masengi melalui Kapolsek Tayan Hilir Iptu Sagi SH mengungkapkan, peristiwa itu bermula saat kapten tugboat itu dimintai bantuan untuk menarik tongkang yang akan keluar dari pelabuhan milik PT KBP tersebut.

    “Kapal yang tenggelam ini TB Mega Sukses XII milik PT. Rimba Mega Armada dengan juru mudi Asrianto,” ujar Kapolsek Tayan Hilir, IPTU Sagi.

    Pria dengan dua balok dipundak ini menuturkan kronologis kejadian pada hari Minggu (5/7) sekitar pukul 14.00 Wib, juru mudi TB Mega Sukses XII, Asrianto dimintai bantuan untuk menarik tongkang yang akan keluar dari jetty milik PT. KBP.

    Kemudian, Asrianto pun meminta bagian mesin untuk menghidupkan mesin TB. Mega Sukses XII tersebut.

    “Setelah mesin dihidupkan, tali kapal dilepas. Dan kapten kapal Asrianto masukan handle mesin. Namun mesin tersebut lambat masuk ke gearbox penghubung ke kipas kapal. Sehingga jarak antara kapal dan tongkang semakin mepet. Dan sekitar 10 meter barulah handle masuk ke gearbox,” ungkapnya.

    Ditambahkan, setelah gearbox masuk, kemudian kapten melakukan gas full supaya bisa menjauh dari tongkang.  Namun, karena arus yang deras maka kapal tidak mampu untuk berjalan bergerak. Dan dalam hitungan menit, tali tongkang pun menyangkut di bagian kepala kapal TB. Mega Sukses XII.

    “Saat itu tekanan arus dari bawah kapal dan baling – baling kapal tidak seimbang yang menyebabkan kapal oleng dan tenggelam perlahan – lahan,” timpalnya.

    Melihat kapalnya tenggelam kata Sagi, kapten dan ABK pun meloncat ke air untuk menyelamatkan diri.

    Hingga saat ini petugas Polsek Tayan Hilir sedang melaksanakan penyelidikan dan penyidikan, terkait tenggelamnya kapal tersebut.

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Baca juga

     

     

     

     

     

     

     

    Pewarta/sumber : Humas Polsek Tayan Hilir.

    Editor : Sery Tayan.


    Like it? Share with your friends!