Sosialisasi Anti Hoax Diskominfo Kab. Sanggau, Konten HOAX Bisa Menebar Kebencian!


  • Senin, 22 Juli 2019
  • 10:55 WIB
  • Sosialisasi Anti Hoax Diskominfo Kab. Sanggau, Konten HOAX Bisa Menebar Kebencian!

    //DISKOMINFO-SGU//

    “Konten hoax bisa menebar kebencian karena isi berita atau informasinya memfitnah atau memberikan berita bohong tentang seseorang atau sekelompok orang” Setidaknya ini bagian yang disampaikan dari kegiatan Sosialisasi Internet Sehat dan Anti HOAX oleh Ishak, S. Sos, M. A. P Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau di SMPN 4 Sanggau, Senin, 22 Juli 2019. Kegiatan serupa yang sebelumnya dilaksanakan di SMKN 1 Sanggau adalah merupakan rangkaian dari kegiatan pembinaan Kelurahan Fokus di Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas, bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang bagaimana menggunakan internet secara cerdas dan sehat serta pengenalan tentang Hoax, agar mereka bisa mengenali, mencegah, dan menangkal berita bohong atau Hoax sehingga tidak terjebak dengan konten-konten yang bernuansa provokatif atau penebar kebencian, jelas Ishak dalam materinya.

    Dalam kesempatan tersebut, Beliau juga menyampaikan beberapa contoh kasus tentang dampak negatif orang-orang yang kecanduan menggunakan HP, terutama dampak secara fsikologis dan kesehatan mata.

    Akhir dari kegiatan, sebagai narasumber, Ishak mengajak semua siswa peserta sosialisasi untuk bertekad dan berjanji, mulai saat ini menggunakan HP cukup 2 jam perhari, dan 1 status perhari, menggunakan bahasa yang sopan di media sosial, dan tidak memposting foto-foto pribadi terutama anak-anak remaja putri, menggunakan internet  secara lebih bermanfaat, dan tidak mudah membagikan berita atau informasi yang belum jelas kebenarnnya.

    Sementara itu pihak sekolah menyampaikan terima kasihnya atas kegiatan yang bermanfaat ini yang diwakili oleh salah satu dewan guru SMPN 4 Sanggau yang mendampingi kegiatan tersebut.

    Penulis: Izar




    Like it? Share with your friends!