BAPPEDA KAB. SANGGAU BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA PEMENANG LKTI TINGKAT GURU SE KABUPATEN SANGGAU


  • Jumat, 13 Desember 2019
  • 15:45 WIB
  • BAPPEDA KAB. SANGGAU BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA PEMENANG LKTI TINGKAT GURU SE KABUPATEN SANGGAU

    Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sanggau Bidang Perencanaan Ekonomi dan Litbang Subbidang Pengembangan dan Penelitian melaksanakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tahun 2019. LKTI tersebut diperuntukkan bagi Fungsional Guru Tingkat SMP sederajat se Kabupaten Sanggau. Adapun yang menjadi Tema LKTI Kab. Sanggau Tahun 2019 adalah “ Memaksimalkan Dukungan Pemerintah Daerah Terhadap Kepengurusan Hak Kekayaan Intelektual Demi Memajukan Perekonomian Daerah Kabupaten Sanggau”.

    Pendaftaran Peserta LKTI Kab. Sanggau Tahun 2019 dibuka pada tanggal 22 Oktober hingga 6 Nopember 2019. Saat pendaftaran para peserta juga diminta untuk menyerahkan naskah karya tulis ilmiah berupa soft copy dan Hard Copy. Setelah melalui tahapan seleksi dan penilain yang dilaksanakan dari tanggal 7 -11 November 2019 maka dilakukan pengumuman 4 Besar yang selanjutnya akan berkompetisi dalam penilaian Presentasi karya tulis ilmiah masing-masing. Presentasi peserta dilaksanakan pada tanggal 20 November 2019. Saat Presentasi peserta diminta memaparkan karya tulis ilmiahnya dihadapan Tim Juri. Tim Juri kemudian akan memberikan tanggapan mengenai Presentasi para peserta. Tim Juri Penilaian LKTI Kab. Sanggau Tahun 2019 terdiri dari Risma Aminin, S.IP, M.Si, Shopiar Juliansyah, SE, MM dan Drs. Maskun Hamri, MM.

    Setelah melalui Proses Presentasi dan penilaian maka diputuskan 4 (Empat) pemenang LKTI Kab. Sanggau Tahun 2019 yakni Yohana L.A. Suyati sebagai Juara Pertama (I), Efra Juniarti Panasix, S.Si sebagai Juara Kedua(II), Wiwin Asriningrum, S.Pd, Jamingan, S.Pd dan Uray Jimmi Gufian N., S.Pd sebagai Juara Ketiga (III), dan Ida Fitriyati, ST, M.Pd, Suryanti, S.Pd, M.Pd sebagai Juara Harapan Satu (IV).

    Yohana L.A. Suyati sebagai Juara Pertama (I) adalah Seorang Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Sanggau yang telah sering mengikuti kegiatan serupa baik di tingkat Daerah, propinsi dan Pusat. Bahkan Beliau merupakan salah satu Guru Berprestasi yang ada di Kabupaten Sanggau.

    Adapun yang menjadi Judul Karya Tulis Ilmiah yang dibuatnya adalah “Optimalisasi Peran Pemerintah Daerah Dalam Kepengurusan Hak Kekayaan Intelektual Guru Melalui Panca Gatra Darma Vidya”. Efra Juniarti Panasix, S.Si sebagai Juara Kedua(II) merupakan tenaga pengajar di SMPN 10 Sanggau. Beliau mengakui baru pertama kali mengikuti kegiatan serupa untuk menambah wawasan dan pengalaman serta meningkatkan kemampuan dalam pengembangan diri untuk ke depan yang lebih baik. Walaupun demikian beliau berhasil meraih juara kedua (II) dalam LKTI Kab. Sanggau Tahun 2019 dengan judul karya tulis ilmiah “Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau Terhadap Kepengurusan Hak Kekayaan Intelektual (Studi Kasus Pelaku Ekonomi Kreatif Kerajinan Tangan (Handicraft) di Kota Sanggau”. Wiwin Asriningrum, S.Pd, Jamingan, S.Pd dan Uray Jimmi Gufian N., S.Pd sebagai Juara Ketiga (III) perwakilan dari SMPN 1  Sanggau merupakan nama yang tidak asing lagi dalam dunia penelitian dan karya tulis berbagai macam prestasi telah diperoleh yang tentunya turut mengharumkan nama Kabupaten Sanggau di tingkat nasional. Adapun judul Karya Tulis Ilmiah yang disusun adalah “Optimalisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Karya Inovatif Guru Berbasis Revolusi Industri 4.0 di Kabupaten Sanggau. Ida Fitriyati, ST, M.Pd, Suryanti, S.Pd, M.Pd sebagai Juara Harapan Satu (IV) juga bukan orang baru dalam dunia penelitian dan karya tulis ilmiah utusan yang membawa nama SMPN 3 Sanggau berhasil berada di urutan keempat dengan judul karya tulis ilmiah “Peran Serta Pemerintah Daerah Terhadap Kepengurusan Hak Kekayaan Intelektual Demi Kemajuan Perekonomian Daerah di Kabupaten Sanggau”.

    Penjurian yang dilakukan disesuaikan dengan tujuan pelaksanaan LKTI Kab. Sanggau Tahun 2019 yakni menguatkan akuntabilitas implementasi kebijakan makro Pemerintah Kabupaten Sanggau yang mencakup bidang ekonomi, sosial budaya, hukum, pertanian/perkebunan, industri pendidikan, kesehatan dan upaya pengembangan inovasi daerah serta disesuaikan dengan tema yang ditentukan. Dalam sambutannya Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Sanggau menyampaikan ke depan diharapkan kegiatan LKTI ini dapat di peruntukkan untuk penelitian yang lebih luas, dan hasil karya tulis yang dihasilkan ke depan dapat diimplimentasi dalam pengambilan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.




    Like it? Share with your friends!