//DPMPEMDES-SANGGAU//

SANGGAU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Bidang Pemberdayaan Kabupaten Sanggau Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan TP. PKK Se – Kabupaten Sanggau dengan Tema “Peran TP. PKK Terkait Pemanfaatan Pekarangan Sebagai Sumber Nutrisi Dalam Upaya Penanganan Stunting dan Penguatan Ketahanan Pangan Keluarga Tahun 2024”, bertempat di Aula Hotel Meldy Sanggau. Senin, (20 Mei 2024) 2 Gelombang.

Hadir pada kesempatan tersebut Penjabat Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H, sekaligus membuka kegiatan tersebut. Hadir juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sanggau, Eddy Santana, S.STP, para narasumber, dari TP PKK Kab. Sanggau yang diwakili oleh Sekretaris TP. PKK Kabupaten Sanggau, Heri Kuswanto, S.IKom, Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindagkop Kab. Sanggau, Sylvester Roy W, SE., M.E, Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Sanggau, Najori, S.Sos., M.P.H, Ketua Pokja III TP. PKK Kab. Sanggau, Suwarno, S,AP, dan Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPTPHP Kab. Sanggau, Nur Affandi, SP.

Pada kegiatan tersebut ada beberapa poin yang dibahas yaitu Peran Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam kegiatan TP. PKK, Tugas dan Fungsi serta Pengelolaan Administrasi TP. PKK, Legalitas Produk IKM Rumah Tangga, Peran TP. PKK dalam Penanganan Stunting, Gerakan Aku Hatinya PKK serta Upaya Menciptakan Kemandirian Pangan Keluarga.

Kepala DPMPEMDES Kab. Sanggau yang diwakili oleh Sekretaris DPMPEMDES Kab. Sanggau mengatakan bahwa Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sanggau memiliki peran penting dalam pembangunan Daerah guna mewujudkan keluarga Sejahtera. Program kerja PKK sejalan dengan program kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, utamanya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena untuk membangun Indonesia khususnya Kabupaten Sanggau, tidak bisa Pemerintah Daerah sendiri, harus melibatkan semua pihak, termasuk salah satunya adalah PKK. Kemudian dalam upaya perbaikan dan peningkatan gizi peserta didik PKK telah terlibat aktif dalam penyediaan makanan tambahan anak sekolah. Kemudian, pada bidang kesehatan PKK juga telah berperan sebagai garda terdepan dalam melaksanakan kegiatan, seperti di posyandu, yaitu, kesehatan ibu dan anak, KB, imunisasi, gizi dan penanggulangan diare serta pendidikan dan pemberian motivasi terkait percepatan pencegahan stunting kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Sebagai mitra pemerintah, PKK Desa/Kelurahan cukup banyak berbuat, dan keberhasilannya sudah sangat dirasakan oleh masyarakat, serta diakui perannya dalam mendukung proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, seperti pada bidang Pendidikan, kesehatan serta kesejahteraan masyarakat, PKK telah berperan dalam membentuk karakter generasi penerus dengan adanya PAUD yang sebagian besar dimotori oleh kader-kader PKK, penurunan stunting dan penurunan kemiskinan. Untuk itu pemerintah berkewajiban untuk selalu mendorong gerakan PKK agar dapat terus tumbuh dan berkembang, serta mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sesuai dengan misi utamanya dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan Masyarakat,” jelasnya.

Pada Kesempatan itu, Penjabat Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H berharap agar peran PKK Desa/Kelurahan ini dapat bermitra baik dalam membantu pemerintah daerah membangun Kabupaten Sanggau.

“Melalui kegiatan peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan bagi TP. PKK dapat mengoptimalkan peran dan fungsi TP. PKK sebagai mitra pemerintah dan wadah partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan, pemerintahan, kemasyarakatan, dan pemberdayaan yang mengarah pada terwujudnya demokratisasi dan transparansi ditingkat Masyarakat serta menciptakan akses agar Masyarakat lebih berperan aktif dalam kegiatan Pembangunan,” harapnya.

Pj. Bupati Sanggau juga berpesan agar TP PKK ini berperan aktif dalam pemberantasan narkoba yang sudah marak terjadi di Kabupaten Sanggau.

“Saya berpesan kepada TP PKK Desa/Kelurahan agar dapat ikut serta dalam memberantas narkoba. Mari kita sama-sama awasi, dimulai dari keluarga kita, tetangga dan Masyarakat yang menjadi pengguna dan pengedar naroba. Agar dapat melaporkan langsung kepada aparat yang berwenang,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Sekretaris TP. PKK Kab. Sanggau menyampaikan beberapa poin mengenai tugas dan fungsi serta pengelolaan administrasi TP. PKK.

 

 

 


Share.
Exit mobile version