//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Penjabat (PJ) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H hadiri sekaligus membuka kegiatan peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan bagi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Kabupaten Sanggau Tahun 2024. Kegiatan bertempat di Aula Hotel Meldy Sanggau, Kabupaten Sanggau. Senin (20/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut PJ. Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H menyampaikan bahwa keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat memiliki peranan yang besar dalam proses pembangunan, karena kondisi suatu keluarga dapat dijadikan sebagai tolak ukur terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

“Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh tim penggerak PKK di setiap jenjang,” ucapnya.

Lanjut disampaikan PJ. Bupati Sanggau Suherman bahwa kegiatan peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan bagi TP PKK ini dapat mengoptimalkan peran dan fungsi TP PKK sebagai mitra pemerintah dan wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemerintahan, kemasyarakatan, dan pemberdayaan yang mengarah terwujudnya demokratisasi dan transparansi ditingkat masyarakat serta menciptakan akses agar masyarakat lebih berperan aktif dalam kegiatan pembangunan.

“Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini, saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan  bagi TP PKK di Kabupaten Sanggau, para peserta dapat: pertama, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan administrasi PKK serta memahami peran dan fungsi TP PKK; kedua, meningkatkan pengetahuan peserta terkait peran pemerintah desa dan kelurahan terhadap kegiatan TP PKK; ketiga, meningkatkan pengetahuan peserta terkait peran TP PKK dalam penanganan stunting; keempat, meningkatkan pengetahuan peserta terkait peran TP PKK dalam upaya menciptakan kemandirian pangan keluarga; kelima, meningkatkan pengetahuan peserta terkait perijinan dan legalitas produk IKM rumah tangga dan keenam, meningkatkan pengetahuan peserta terkait program AKU HATINYA PKK,” harapnya.

Ia berpesan kepada seluruh TP PKK Desa/Kelurahan agar TP PKK dapat ikut serta dalam memberantas narkoba.

“Mari kita sama-sama awasi, baik itu mulai dari keluarga kita, tetangga kita dan masyarakat yang menjadi pemakai dan pengedaran narkoba. Agar dapat melaporkan langsung kepada aparat yang berwenang,” pesannya.

Penulis  : Abang Alfian

Editor     : E.A.Lusy


Share.
Exit mobile version