TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Budi Darmawan mengatakan bahwa dampak dari Gempa dengan kekuatan 3.2 Skala Richter di beberapa wilayah di Kecamatan Sekayam dan Kecamatan Noyan diduga mengakibatkan dinding rumah warga retak.

“Dari posko TRC telah mengumpulkan informasi dari masyarakat dan dari pemerintah kecamatan untuk mengetahui dampak Gempa tersebut. Sampai dengan Rabu 8 Mei 2024 pukul 12.00 WIB, posko TRC memperoleh informasi bahwa dua unit rumah masyarakat di Balai Karangan Kecamatan Sekayam mengalami retak pada dinding rumahnya,” katanya, Rabu 8 Mei 2024.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Tri Dibyo membenarkan terkait adanya getaran yang diduga Gempa bumi di beberapa wilayah di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa 7 Mei 2024 sekitar pukul 16.50 WIB.

“Tadi sekitar pukul 16.55 WIB, kita mendapat pertanyaan dari masyarakat dari daerah Balai Karangan, yang menyatakan bahwa disana terjadi getaran seperti Gempa. Mereka meminta kepastian itu kejadian apa,”katanya, Selasa 7 Mei 2024.

“Kemudian kita konfirmasi lagi dengan BMKG, rupanya pada jam tersebut memang terjadi Gempa di daerah Kabupaten Sanggau. Kalau di lihat dari lokasi nya, itu masih masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kembayan. Tapi lebih terasa di daerah Balai Karangan, Noyan,” tambahnya.

Gempa 3.2 SR Guncang Kabupaten Sanggau

Daerah ini yang pihaknya mendapatkan laporan adanya getaran tersebut.

Jika di lihat dari warning receiver system (WRS) di TRC BPBD Sanggau, kekuatan Gempa cukup lumayan yaitu 3.2 SR.

Oleh karenanya, Oneng sapaan akrabnya mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati. Apabila merasakan hal-hal tersebut lagi, sebaiknya segera keluar dari rumah untuk mengatasi kejadian-kejadian yang lebih fatal.

“Saat ini kami sudah menginformasikan kepada seluruh masyarakat melalui group WhatsApp di Kecamatan, Satgas Kabupaten nya sendiri, kemudian group-group whatsApp Pokmas se-kecamatan di Kabupaten Sanggau untuk menginformasikan bahwa disana barusan sudah terjadi Gempa. Untuk itu tetap mewaspadai kejadian-kejadian berikutnya, karena kita tidak mengetahui apakah akan ada Gempa susulan atau tidaknya,” pungkasnya.

Gempa Dengan Kekuatan 3.2 Skala Richter Guncang Kabupaten Sanggau

(*)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version