TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Budi Darmawan melalui Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau Tri Dibyo membenarkan terkait adanya getaran yang diduga gempa bumi di beberapa wilayah di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa 7 Mei 2024 sekitar pukul 16.50 Wib.

“Tadi sekitar pukul 16.55 Wib, kita mendapat pertanyaan dari masyarakat dari daerah Balai Karangan, yang menyatakan bahwa disana terjadi getaran seperti gempa. Mereka meminta kepastian itu kejadian apa,” katanya, Selasa 7 Mei 2024.

“Kemudian kita konfirmasi lagi dengan BMKG, rupanya pada jam tersebut memang terjadi gempa di daerah Kabupaten Sanggau. Kalau di lihat dari lokasi nya, itu masih masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kembayan. Tapi lebih terasa di daerah Balai Karangan, Noyan termasuk di daerah Sui Daun,” tambahnya.

Tiga daerah ini yang pihaknya mendapatkan laporan adanya getaran tersebut. Dan jika di lihat dari warning receiver system (WRS) di TRC BPBD Sanggau, kekuatan gempa cukup lumayan yaitu 3.2 skala Richter.

Baca juga: Pasca Gempa 4.3 mag di Kapuas Hulu, BPBD Pastikan Tak Ada Bangunan Rusak

Oleh karenanya, Oneng sapaan akrabnya mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati.

Apabila merasakan hal-hal tersebut lagi, sebaiknya segera keluar dari rumah untuk mengatasi kejadian-kejadian yang lebih fatal.

“Saat ini kami sudah menginformasikan kepada seluruh masyarakat melalui group WhatsApp di Kecamatan, Satgas Kabupaten nya sendiri, kemudian group-group whatsApp Pokmas se-kecamatan di Kabupaten Sanggau untuk menginformasikan bahwa disana barusan sudah terjadi gempa. Untuk itu tetap mewaspadai kejadian-kejadian berikutnya, karena kita tidak mengetahui apakah akan ada gempa susulan atau tidaknya,”pungkasnya. (*)

Informasi Terkini Tribun Pontianak Kunjungi Saluran WhatsApp

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini disini




Share.
Exit mobile version