TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – PJ Bupati Sanggau Suherman diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Shopiar Juliansyah membuka festival gelar karya projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) kurikulum merdeka jenjang SMP tingkat Kabupaten Sanggau di Aula Hotel Harvey Sanggau, Kalimantan Barat, Senin 6 Mei 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau itu berlangsung dari tanggal 6 sampai 8 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Kemasyarakatan dan SDM Shopiar Juliansyah mengatakan bahwa gelar karya P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

“Dalam kegiatan projek profil ini peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, Anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi.

“Sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya,” katanya.

Baca juga: Dinkes Sanggau Keluarkan Surat Edaran Tentang Kewaspadaan Dini Peningkatan Kasus GHPR

Sebagaimana yang telah disampaikan dari Dikbud Sanggau, gelar karya P5 kurikulum merdeka jenjang SMP Kabupaten Sanggau tahun 2024 dapat memberi ruang dan waktu kepada siswa, guru, kepala satuan pendidikan dalam berbagai praktik.

“Baik projek penguatan profil pelajar Pancasila yang telah atau sedang dilaksanakan di satuan pendidikan,”ujarnya.

Selain itu, semua pihak yang terlibat tersebut dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam perwujudan profil pelajar Pancasila dan implementasi kurikulum merdeka belajar di satuan pendidikan masing-masing.

“Hal tersebut sejalan dengan tema hari pendidikan nasional 2024 yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek yaitu bergerak bersama lanjutkan merdeka belajar,” tuturnya.

Diharapkan kegiatan ini mampu menguatkan pencapaian kompetensi dan karakter profil pelajar Pancasila.

“Munculnya profil pelajar Pancasila ini bertujuan untuk mengingatkan kembali siswa dan kita semua bahwa inilah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Pancasila sebagai dasarnya,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas festival gelar karya P5 kurikulum merdeka yang digelar kali ini dengan harapan kegiatan ini akan mampu menggali dan menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan potensi siswa.

“Semoga melalui kegiatan ini, kurikulum merdeka menjadi langkah yang sangat baik dalam rangka perbaikan pendidikan di Kabupaten Sanggau dan dapat menjadi pionir dalam melaksanakan dan menyukseskan implementasi kurikulum merdeka dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau yang telah menggagas kegiatan ini,” ujarnya.

Kepada seluruh peserta, ia mengucapkan selamat mengikuti kegiatan ini, semoga upaya ini memberikan dampak positif dan menjadikan Kebutuhan Sanggau lebih tangguh, lebih inklusif, dan lebih bermartabat.




Share.
Exit mobile version