[HOAKS] Menkeu Sri Mulyani Sebut Indonesia Dimiskinkan karena Belanja Alutsista dan Biaya Kampanye Prabowo-Gibran – 08/01/2024

Penjelasan :

Beredar sebuah poster berisi narasi yang diklaim sebagai pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Pernyataan tersebut di antaranya menyebutkan Indonesia dimiskinkan dengan anggaran belanja alat utama sistem senjata (alutsista) sebesar Rp63,8 triliun dan biaya kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Hal ini menyebabkan dana pegawai pemerintah daerah (pemda) nihil, tiga perusahaan akan dijual, pabrik kertas Leces dijual murah demi dana kampanye, tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pailit, dan Sri Mulyani mengundurkan diri karena kecewa.

 

Faktanya, dilansir dari detik.com, Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo memastikan isi poster tersebut hoaks. Pihaknya menegaskan bahwa Menkeu Sri Mulyani tidak pernah mengatakan sebagaimana narasi dalam poster yang beredar. Sri Mulyani justru mengatakan peningkatan anggaran alutsista wajar dan penting untuk penguatan di tengah potensi ancaman dan dinamika politik luar negeri. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto juga membantah narasi soal biaya negara dihabiskan untuk kampanye Prabowo-Gibran. Dia menegaskan Sri Mulyani tak pernah mengatakan hal itu.

 

Link Counter: