Dishub Kab. Sanggau kolaborasi bersama mitra – Beranda

Dishub Kab. Sanggau kolaborasi bersama mitra – Beranda


“Tingkatkan Keselamatan Angkutan Perairan Dishub Sanggau Bersama Mitra Melakukan Pengawasan dan Sosialisasi Pelaporan Aktivitas Angkutan Sungai”

Sanggau, 26 Oktober 2023. Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau melaksanakan pengawasan dan sosialisasi pelaporan aktivitas angkutan sungai di Desa Sungai Muntik Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau pada hari Kamis tanggal (26/10).

Kegiatan yang dihadiri juga oleh mitra kerja yakni PT JASA RAHARJA Perwakilan Sintang melalui penanggung jawab Samsat Sanggau Pak Alvin, Sekretaris Desa Sungai Muntik Toto Iswandi dan Kepala Dusun Kayu Tunu serta pemilik angkutan sungai dimana kegiatan tersebut dilaksanakan di Dermaga Kayu Tunu.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Willibrordus Leynandar selaku Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau, beliau menyampaikan bahwa pentingnya pelaporan aktivitas angkutan sungai bagi pemerintah dan stakeholder adalah sebagai bahan perencanaan kebijakan sekaligus sebagai bahan pengawasan aktivitas angkutan dilapangan, dimana laporan aktivitas tersebut memuat laporan jumlah penumpang orang dan barang.

Dalam kesempatan ini PT JASA RAHARJA Perwakilan Sintang melalui penanggung jawab Samsat Sanggau Pak Alvin, memberikan pemahaman tentang pentingnya Iuran Wajib Kendaraan Laut (IWKL) kepada pemilik kapal sehingga dapat memberikan jaminan kepada seluruh penumpang kapal dengan catatan pemilik kapal sudah melunasi IWKL yang disetorkan setiap bulannya kepada Jasa Raharja.

Jasa Raharja terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam rangka mencegah atau meningkatkan keselamatan penumpang transportasi sungai dan penyeberangan. Serta menghimbau kepada pemilik atau pengusaha angkutan yang belum mempunyai izin operasi untuk segera mengurus izin tersebut ke Dinas Perhubungan agar penumpang yang ikut dalam transportasi tersebut mendapatkan perlindungan dasar dari Jasa Raharja, akhir pesan Alvin.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dermaga Kayu Tunu ini disambut baik oleh Sekretaris Desa Sungai Muntik Toto Iswandi, beliau menyampaikan bahwa angkutan sungai dan penyeberangan yang aktif di dermaga tersebut sebanyak 86 kapal (speed boat) yang melayani trayek dusun kayu tunu menuju dusun mensogak dimana angkutan tersebut melayani kegiatan sehari-hari masyarakat dan karyawan PT.ERNA.

Sumber : https://sanggauinformasi.com/dishub-kab-sanggau-kolaborasi-bersama-mitra/

DIlihat : 2