Kabupaten Bengkayang gencar galakkan vaksinasi meski kasus melandai

Kabupaten Bengkayang gencar galakkan vaksinasi meski kasus melandai



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat tetap gencar menggalakkan program vaksinasi COVID-19 kepada masyarakatnya meskipun jumlah kasus telah melandai.

“Kami terus mengajak dan meminta kepada masyarakat yang belum melakukan vaksinasi untuk segera melakukan vaksinasi guna mempercepat pembentukan kekebalan kelompok lebih maksimal di kalangan masyarakat umum. Sehingga kabupaten Bengkayang diharapkan mampu terbebas sepenuhnya dari penularan virus yang sempat mewabah ke seluruh penjuru dunia tersebut,” ujar Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis saat dihubungi di Bengkayang, Rabu.

Darwis menjelaskan bahwa cakupan vaksinasi di wilayah Kabupaten Bengkayang sampai saat ini sudah di atas 75 persen terutama untuk dosis yang pertama.

“Sampai akhir April kemarin, setidaknya sudah 75,62 persen masyarakat sudah vaksin pertama. Untuk vaksin dosis kedua sudah 64,66 persen. Sementara untuk yang sudah vaksin booster (ketiga) baru menyentuh angka 8,55 persen,” ucapnya.

Darwis berharap ke depan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi terus meningkat. Dengan begitu terjadi pembentukan kekebalan kelompok yang maksimal dan Kabupaten Bengkayang dapat terbebas dari COVID-19. Sehingga kehidupan di berbagai sektor dapat kembali normal.

“Tak lupa juga saya ingatkan kepada seluruh pihak untuk tetap taat protokol kesehatan sebagaimana anjuran yang berlaku. Selalu gunakan masker, rajin cuci tangan dan lainnya. Tak lupa saya ingin sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada tenaga kesehatan dan seluruh pihak terkait yang terus mendukung upaya pemerintah dalam memutus penyebaran COVID-19 dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi,” ucapnya.