Vaksinasi COVID-19 tingkat desa gencar dilakukan Kubu Raya

Vaksinasi COVID-19 tingkat desa gencar dilakukan Kubu Raya



Pontianak (ANTARA) – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya terus menggencarkan pelaksanaan vaksin di setiap desa untuk mempercepat capaian target vaksinasi 70 persen dari jumlah sasaran vaksin yang ada di kabupaten itu.

“Berbagai cara tentu terus kita lakukan untuk mengejar target 70 persen capaian vaksinasi dengan menyiapkan berbagai hadiah di setiap pelaksanaan vaksinasi dengan melibatkan puskesmas dan pemerintah desa,” kata Muda di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, dengan strategi menyiapkan berbagai hadiah ini pun terbilang ampuh untuk mengundang masyarakat agar mau divaksin. Kondisi itu tampak terlihat pada pelaksanaan vaksinasi yang di gelar di jalan Pramuka Rt 001 RW 007 warung bakso Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap, yang di laksanakan pada Minggu kemarin.

Mua mengatakan, vaksinasi ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan, di mana tentunya langkah ini merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk mengejar 70 persen target capaian vaksinasi.  

“Sungai Rengas ini termasuk desa yang sangat besar jumlah penduduk dan capaian vaksinasinya, untuk itu diharapkan warga yang hari ini divaksin agar bisa menyampaikan kegiatan vaksinasi ini kepada keluarganya masing-masing agar mau divaksin,” tuturnya.

Bupati Muda menyampaikan terima kasih kepada warga Sungai Rengas yang sejak pagi tadi sudah mendaftar untuk divaksin. Tentunya kondisi ini akan memberikan dampak kepada warga yang lainnya agar mau divaksin.

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini, kita juga memberikan sembako kepada warga yang divaksin dan kenang-kenangan. Untuk anak-anak usia 11-16 tahun juga akan terus kita lakukan vaksinasi, sehingga aktivitas belajar mengajar bisa terus tetap berjalan di desa Sungai Rengas ini,” katanya.

Bupati Muda mengharapkan semua RT juga bisa secepatnya melakukan pendataan sehingga pemerintah bisa mengetahui warga mana yang sudah dan belum divaksin. Bupati juga menyampaikan selamat kepada warga yang hari ini telah disuntik vaksin.

“Terima kasih kepada semua panitia, terutama para vaksinator baik dokter, bidan dan perawat di Puskesmas Sungai Rengas serta para RT, Kepala Desa Pemadam Kebakaran dan Karang Taruna yang ‘kepong bakol’ mengajak warganya mau divaksin,” katanya.

Muda menambahkan, pemerintah Kubu Raya akan terus memprogramkan vaksinasi ini, apalagi di Desa Sungai Rengas ini sudah dibangun puskesmas baru yang akan menjadi Puskesmas kebanggaan bagi masyarakat Kecamatan Sungai Kakap.

“Insya Allah, pelayanan di puskesmas yang baru ini, nantinya akan jauh lebih baik dari sebelumnya, karena kita akan membuat masyarakat lebih banyak sehatnya daripada sakitnya. Tentunya kita membuat ini dengan komitmen supaya kita membuat masyarakat dari Desa Sungai Rengas, Sungai Kupah, Jeruju Besar dan Sungai Itik serta desa-desa lainnya di Kecamatan Sungai Kakap ini agar bisa terjaga kesehatannya,” tuturnya.