//IZAR-DISKOMINFO SANGGAU//
SANGGAU, BPN Kab. Sanggau melakukan Program Penataan Akses (Acces Reform) bagi penerima Sertifikat Redistribusi tanah Desa Semayang Kec. Kabupaten Sanggau, bertempat di aula kantor desa Semayang, Selasa (29/10) Pukul 12:00 Siang.
Wabup Sanggau Drs. Yohanes Ontot M.Si., bersama Kepala BPN Kab. Sanggau Yuliana SH. M.eng, yang di dampingi Camat Kembayan Inosensius Nono, Danramil Kembayan Kapten Inf Warsidi, Kapolsek Kembayan Pahlawan, dan Kepala OPD Kab. Sanggau melihat Ibu-Ibu pengrajin desa yang sedang menganyam lidi kerajinan khas Desa Semayang.


Usai itu Wabup dan rombongan menuju aula kantor desa untuk bertemu para petani desa dan memberikan sedikit pesan-pesan nya kepada warga Desa Semayang.


“Ini merupakan Program Pemerintah Pusat arahan langsung dari Bapak Presiden, tentang Program Reforma Agraria, yang mungkin dulu tidak ada surat menyurat yang jelas. Dengan kejelasan nya sertifikat ini, bisa di gunakan tidak hanya sebagai tanda bukti kepemilikan, tetapi juga bisa memberikan kesejahteraan pemiliknya, salah satunya di gadai ke bank untuk meminjam uang, untuk mmbuka usaha sebagai bentuk pemberdayaan peningkatan ekonomi keluarga.” Ujarnya.
“Saya lihat tadi Ibu-Ibu atau mamak-mamak yang ada di desa ini sangat rajin, sangat kreatif dalam membuat sebuah kerajinan, tadi saya lihat ada anyam menganyam, nah sekarang di hadapan saya ada beras yg sudah d bungkus dengan kemasan yang baik. Untuk kerajinan tadi saya lihat mamak-mamak ni sudah mahir, karena seperti yang kita ketahui masyarakat adat dayak ni memang itu lah salah satu keahlian nya, tetapi nanti disini saya harap dapat di latih bagaimana cara menganyam yang baik dan benar, tentu ada yang melatihnya.” Tambahnya.
“Untuk srtifikat ini harapan saya bisa di manfaatkan untuk peningkatan ekonomi, entah itu jaminan pinjaman uang di bank ataupun CU, itu d manfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat disini, jangan di gunakan untuk yang tidak bermanfaat, sehingga sia-sia, tidak ada hasil dan untuk menebus kembali sertifikatnya susah.” Harapnya.
Selanjutnya Wabup Sanggau menyerahkan bantuan berupa bibit padi dari Dinas Pertanian dan mesin pres plastik beras dari Perindagkop, kepada desa Semayang.


Dan penerimaan cindera mata dari Desa Semayang dari hasil kerajinan Ibu-Ibu Desa dan para tani kepada Wabup Sanggau.


Penulis: Izar