Satgas Yonif R-641 Serahkan Bantuan Perahu untuk Masyarakat Pedalaman Entikong


  • Sabtu, 11 Juli 2020
  • 10:59 WIB
  • Satgas Yonif R-641 Serahkan Bantuan Perahu untuk Masyarakat Pedalaman Entikong

    TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU -Satgas Pamtas Yonif R-641/Beruang menyerahkan bantuan perahu kepada masyarakat di Dusun Gunjemak dan Dusun Gun Tembawang, Desa Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Jumat (10/7/2020).

    Perahu itu sebagai alat transportasi alternatif.

    Sulitnya jalan darat dari kedua dusun ini ke kota kecamatan karena berkelok-kelok, berbukit dan berlembah, diperparah dengan curah hujan cukup tinggi serta puluhan jembatan bambu semi permanen sepanjang jalan membuat evakuasi warga saat kondisi darurat melalui jalur darat sulit dilakukan.

    Tanah yang berlumpur, licin dan beberapa kali terjadi longsor, mengharuskan proses evakuasi dilakukan melalui jalur sungai menggunakan perahu. 

    Tanah Longsor di Kecamatan Sayan Melawi, 5 Rumah Rusak Parah dan 3 KK Mengungsi

    Kondisi ini membuat Satgas Yonif R-641/Bru berinisiatif untuk memberikan bantuan perahu untuk masyarakat kedua dusun agar bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi alternatif.

    Kedekatan anggota Pos Guntembawang dengan masyarakat menciptakan ikatan emosional dan melahirkan solusi atas kesulitan yang selama ini dirasakan warga, yaitu sarana transportasi sungai berupa perahu untuk membantu kebutuhan sehari-hari.

    “Pos Gun Tembawang sudah menjadi bagian dari warga disana sehingga mereka dapat merasakan kesulitan dan kebutuhan warga,“kata Kapten Inf Adi Prayogo, Komandan SSK IV Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru, Sabtu (11/7/2020).

    :Satgas Pamtas Yonif R-641/Beruang saat menyerahkan bantuan perahu kepada masyarakat di Dusun Gunjemak dan Dusun Gun Tembawang, Desa Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Jumat (10/7/2020).
    :Satgas Pamtas Yonif R-641/Beruang saat menyerahkan bantuan perahu kepada masyarakat di Dusun Gunjemak dan Dusun Gun Tembawang, Desa Suruh Tembawang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, Jumat (10/7/2020).

    Perahu bantuan Satgas Yonif R-641/Bru yang diserahkan langsung oleh Kapten Adi Prayogo ini dibuat secara gotong royong oleh anggotanya di Pos Gun Tembawang dengan warga setempat. 

    Terpisah, Dansatgas Yonif R 641/Bru, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono menyampaikan bahwa rencana pemberian bantuan perahu tersebut sudah lama, namun baru sekarang terealisasi. 

    “Saya berterimakasih kepada warga kedua dusun yang ikut membantu menyelesaikan pembuatan perahu tersebut. Kalau kita bekerja bersama-sama, kesulitan apapun insyaAllah akan teratasi,”katanya.

    Satgas Pamtas TNI hadir di perbatasan untuk menjaga keutuhan wilayah kedaulatan negara dan untuk membantu kesulitan rakyat disekelilingnya.

    Update berita pilihan
    tribunpontianak.co.id di WhatsApp
    Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

    Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

    TRIBUNPONTIANAK.CO.ID




    Like it? Share with your friends!