RSUD M.Th.Djaman Sanggau Telah Menyediakan Pelayanan CT SCAN


  • Senin, 23 September 2019
  • 18:16 WIB
  • RSUD M.Th.Djaman Sanggau Telah Menyediakan Pelayanan CT SCAN

    PEMERIKSAAN CT SCAN

     

    Pemeriksaan CT Scan adalah prosedur yang menggunakan sinar X, dengan hasil yang diolah dengan komputer untuk menghasilkan gambar dalam irisan-irisan, sehingga dapat melihat masing-masing gambaran irisan yang diambil dengan lebih detail. Dengan teknik ini, gambar yang dihasilkan jauh lebih detail dibandingkan rontgen biasa, sehingga dapat membantu diagnosis dengan lebih akurat. CT Scan telah tersedia di Rumah Sakit RSUD M.Th.Djaman Sanggau.

    CT Scan adalah pemeriksaan yang non-invasif dan sederhana. Pasien diminta berbaring di atas meja periksa yang akan masuk ke dalam mesin CT Scan, berbentuk seperti terowongan. Sebelum melakukan CT Scan, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk konsultasi dan persiapan. Biasanya pasien diminta untuk puasa selama beberapa jam jika pasien melakukan CT Scan dengan disuntik cairan kontras. Sebelum melakukan CT Scan, sebaiknya pasien mengabari dokter mengenai alergi yang dimiliki, pengobatan yang sedang dilakukan, atau kondisi khusus lainnya seperti kehamilan.

     

     

    Tujuan Pemeriksaan CT Scan

    CT Scan adalah alat bantu pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mendeteksi banyak hal. Misalnya untuk menilai kondisi pembuluh darah pada pasien Penyakit Jantung Koroner, emboli paru, pembesaran pembuluh darah aorta, dan kelainan pembuluh darah lainnya. CT Scan juga dapat digunakan untuk mengamati metastasis (penyebaran) tumor atau kanker, letak, serta jenisnya.

    Penggunaan CT Scan dapat membantu dokter jantung dalam menentukan cara atau metode yang lebih akurat dalam menangani kasus serangan jantung. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengamati kasus kecelakaan.

     

    Redaksi oleh: Atik Nurkhasanah, SKM.,MPH


    Like it? Share with your friends!