Pengajuan Izin Usaha UMKM Sanggau Diprediksi Turun Akibat Pandemi Covid-19


  • Senin, 3 Agustus 2020
  • 07:46 WIB
  • Pengajuan Izin Usaha UMKM Sanggau Diprediksi Turun Akibat Pandemi Covid-19


    TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Kepala Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kabupaten Sanggau, Alipius menyampaikan bahwa hingga Juni 2020 pengajuan izin usaha yang sudah dikeluarkan khususnya UMKM mencapai 290 izin.

    Sementara untuk izin perorangan dengan korporasi atau badan usaha sudah diterbitkan sekitar 200 izin usaha.

    “Kalau dibandingkan dengan tahun lalu biasanya kita bisa menerbitkan sampai dua ribu izin usaha, baik yang manual maupun online,” katanya, Minggu (2/8/2020).

    Syarat dan Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Sanggau

    Dikatakannya, dari data tersebut, jumlah masyarakat baik perorangan maupun kelompok yang mengajukan izin usaha menurun dibandingkan tahun lalu.

    Hal itu dipicu karena belum meredanya pandemi Covid-19.

    “Perkiraan saya tahun ini menurun, tapi kita lihat diakhir tahun nanti karena para pengusaha ini mungkin masih menunggu dan melihat dulu peluang investasi. Apakah bisa berkembang atau tidak di masa pandemi ini,” ujarnya.

    Alipius menambahkan bahwa untuk meningkatkan semangat para pengusaha untuk berinvestasi.

    DPM PTSP menggencarkan promosi, baik promosi administrasi pengajuan izin maupun potensi usaha yang bisa dikerjakan oleh para pengusaha.

    “Ada dua cara promosi yang kita lakukan. Yang pertama secara manual melalui baliho atau spanduk-spanduk dan yang kedua dengan menggunakan media sosial, baik facebook, twiter maupun IG. Kalau di Facebook silakan nanti buka DPM PTSP Sanggau, disitu kita selalu update informasi terbaru,” pungkasnya. (*)




    Like it? Share with your friends!