PEMKAB. SANGGAU MENGADAKAN KAJI TERAP/BENCHMARKING TERHADAP PENYELENGGARAAN MPP KOTA SINGKAWANG


  • Sabtu, 21 November 2020
  • 07:51 WIB
  • PEMKAB. SANGGAU MENGADAKAN KAJI TERAP/BENCHMARKING TERHADAP PENYELENGGARAAN MPP KOTA SINGKAWANG

    Kepala DPMPTSP Kab. Sanggau, Alipius dan Kepala DPMTK Kota Singkawang, Asmadi saat Kaji Terap di MPP Kota Singkawang

    //DPMPTSP KAB. SANGGAU//

    Mal Pelayanan Publik (MPP) adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah dan Swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman.

    Dalam rangka percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dalam waktu dekat ini bersiap – siap untuk segera mewujudkan beroperasinya Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sudah ditetapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka, akan beroperasi pada tanggal 10 Desember 2020 nanti.

    Sebagai upaya persiapan, diadakan kaji terap/benchmarking terhadap penyelenggaraan MPP Kota Singkawang yang berlokasi di Grand Mall Kota Singkawang pada Jumat, 20 November 2020 yang diikuti oleh beberapa jajaran DPMPTSP Kabupaten Sanggau beserta beberapa instansi daerah dan vertikal serta unit pelayanan yang tergabung dalam MPP Kabupaten Sanggau. Dari hasil Kaji Terap, terdapat hal – hal teknis terkait operasional pelaksanaan MPP yang nyatanya tidaklah jauh berbeda dengan yang akan diterapkan di MPP Kabupaten Sanggau. Ada poin yang setidaknya harus menjadi atensi untuk MPP Kabupaten Sanggau, yaitu menyiapkan SDM yang berkompetensi dalam hal pelayanan publik, dimana DPMPTSP Kabupaten Sanggau adalah merupakan sebagai Leading Sector dalam penyelenggaraan MPP sehingga diharapkan dapat menciptakan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

    Dalam sambutannya, wakil walikota Singkawang, Irwan, menerangkan bahwa pelaksanaan MPP ini merupakan bentuk upaya pemerintah kota Singkawang dalam membangun perekonomian daerah dan meningkatkan pelayanan publik dengan melibatkan sektor swasta. Pihaknya kedepannya akan lebih meningkatkan pelayanan dan pembenahan lagi terkait proses penyelenggaraan MPP tersebut.

    Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja (DPMTK) Kota Singkawang, Asmadi yang dalam sambutannya di kesempatan tersebut juga menegaskan bahwa upaya penyelenggaraan MPP Kota Singkawang adalah merupakan upaya Pemkot Singkawang untuk meningkatkan perekonomian daerah dengan mengikutsertakan partisipasi sektor swasta untuk mewujudkannya. Menurut beliau, saat ditunjuk sebagai Kepala DPMTK, langsung ditagih Walikota Singkawang wujud kinerja sesuai tupoksinya selaku Kepala DPMTK Kota Singkawang. Untuk itulah beliau beserta jajarannya berupaya melaksanakan yang terbaik untuk penyelenggaraan MPP ini sebagai wujud kinerjanya sesuai perintah dan arahan Walikota Singkawang dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat kota Singkawang.

    Setelah acara kata sambutan, dilanjutkan dengan peninjauan MPP Kota Singkawang yang terdiri dari loket – loket pelayanan dimana terdapat instansi pemerintah daerah maupun vertikal serta unit pelayanan dan perbankan terdapat juga disitu, serta ditutup dengan sesi foto bersama. (RS)


    Like it? Share with your friends!