Pelaksanaan Desa Fokus di Desa Kuala Buayan, Kecamatan Meliau


  • Jumat, 4 Desember 2020
  • 04:26 WIB
  • Pelaksanaan Desa Fokus di Desa Kuala Buayan, Kecamatan Meliau

    SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melakukan kegiatan pembinaan desa fokus di Desa Kuala Buayan, Kecamatan Meliau. Dalam hal ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau menjadi koordinator desa fokus, Rabu (02/12/2020).

     

    Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sanggau dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Disarpus Kabupaten Sanggau, H. Sukri, S. Sos.,M.Si selaku koordinator desa fokus, Perwakilan dari Kecamatan Meliau, perwakilan dari OPD Kabupaten Sanggau, Sekretaris Desa Kuala Buayan beserta aparatur desa dan masyarakat Desa Kuala Buayan.

    Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau yang diwakilkan oleh kepala Disarpus Kabupaten Sanggau H. Sukri menyampaikan bahwa kegiatan desa fokus merupakan program pemerintah daerah yang diharapkan agar melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pembangunan di setiap desa yang menjadi fokus pemerintah daerah.

    H. Sukri juga menjelaskan bahwa selama pandemi proses di dalam pemerintahan mengalami penyesuaian dan sempat diberlakukan work from home (bekerja dari rumah) dan pemerintah sudah melakukan upaya-upaya untuk memutus mata rantai pandemi ini serta menghimbau kepada masyarakat desa untuk mendukung upaya pemerintah tersebut dengan melaksanakan prosedur kesehatan yang telah diberlakukan di wilayah Kabupaten Sanggau.

    “Pembinaan desa fokus ini merupakan upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan status desa menjadi desa mandiri dengan melengkapi semua indikator-indikator di dalam penilaian, oleh sebab itu setiap OPD yang memiliki peran di dalamnya harap ikut mengambil bagian dalam pembinaannya.

    Camat Maliau yang diwakilkan oleh Kasi Kesra, Latinal menyampaikan bahwa setiap program yang akan dilaksanakan dapat membantu dan mengevaluasi hal-hal yang sudah berjalan di pemerintahan desa, seperti pengadministrasian surat, format surat, kop surat bahkan penomoran surat.

    Camat meliau atau yang mewakili juga menyampaikan terkait masalah TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dimana di wilayah Kecamatan Meliau masih kesulitan untuk membangun lokasi TPA di Kecamatan Meliau.

    “Kuala Buayan masih rutin setiap tahun mengalami masalah banjir oleh karena itu dari BPBD agar memperhatikan dan membantu masyarakat desa Kuala Buayan” tutur Latinal.

           

    Setelah itu kegiatan dilakjutkan dengan sesi tanya jawab di mana beberapa masyarakat menyampaikan permasalahan terkait TPA yang memang dianggap perlu direalisasikan di Desa Kuala Buayan serta permasalahan lain  terkait jaringan internet yang beberapa waktu lalu alatnya rusak tersambar petir.

    Berikutnya H. Sukri selaku pihak koordinator desa fokus menyampaikan pesan langsung kepada perwakilan dari Dinas Kominfo untuk segera menyampaikan masalah tersebut agar segera dilaksanakan perbaikan alat, karen masa saat ini jaringan internet sangat diperlukan oleh masyarakat khususnya bagi anak-anak yang melaksanakan sekolah secara daring (online).

           

    Selain kegiatan non-fisik (sosialisasi program) pada kesempatan itu juga dilaksanakan kegiatan fisik berupa pemberian bantuan masker dan bantuan boks penyimpanan arsip oleh Disarpus Kabupaten Sanggau, dan beberapa waktu sebelumnya juga dilaksanakan penyerahan bantuan berupa kursi plastik oleh BPKAD Kabupaten Sanggau setelah itu kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama.




    Like it? Share with your friends!