Kepala Bappeda bersama perangkat daerah Kabupaten Sanggau melaksanakan pembinaan Desa Fokus Tahun 2020 di Desa Kebadu Kecamatan Balai


  • Selasa, 15 Desember 2020
  • 09:19 WIB
  • Kepala Bappeda bersama perangkat daerah Kabupaten Sanggau melaksanakan pembinaan Desa Fokus Tahun 2020 di Desa Kebadu Kecamatan Balai

    Sesuai Keputusan Bupati Sanggau Nomor 136 Tahun 2020 tentang Penetapan Perangkat Daerah sebagai Koordinator Desa Fokus dan Kelurahan Fokus diwilayah Kabupaten Sanggau Tahun 2020 dimana Bappeda Kab. Sanggau ditetapkan sebagai Koordinator di Desa Kebadu Kecamatan Balai, Telah dilaksanakan kegiatan pembinaan desa fokus di Desa Kebadu Kecamatan Balai pada hari Sabtu, tanggal 12 Desember 2020. Kegiatan dihadiri oleh Tim Bappeda Kabupaten Sanggau dalam hal ini dipimpin oleh Kepala  Bappeda Kab. Sanggau, Bapenda Kabupaten Sanggau, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kab. Sanggau, Sekretaris  Kecamatan Balai, Dan Ramil Kec. Balai, Kepala Desa Kebadu beserta Perangkatnya, Ketua dan Anggota BPD Desa Kebadu, serta PKK Desa  Kebadu.

    Pembinaan dan pengecekan lapangan langsung oleh Kepala Bappeda Kab. Sanggau bersama perangkat Desa Kebadu untuk melihat langsung kondisi di lapangan terhadap sarana dan prasarana yang diusulkan untuk dibangun sesuai permasalahan yang didapat pada pembinaan desa fokus sebelumnya.

    Kepala  Bappeda menyampaikan terkait Tugas dan Fungsi Bappeda  sebagai Perangkat Daerah   yang mengkoordinir Perencanaan Pembangunan Daerah merupakan unsur penunjang urusan  pemerintahan yang menjadi  kewenangan Daerah dibidang perencanaan, dan bidang penelitian dan pengembangan. Serta untuk kedepan atau tahun 2021 bahwa dokumen  perencanaan usulan dari desa sudah diinput melalui sistem atau aplikasi. Tidak lagi secara menual atau konfensional, demikian juga kecamatan.

    Sedangkan Badan Pendapatan Daerah  Kabupaten Sanggau mengadakan kegiatan sosialisasi terkait Sumber pendapatan Daerah terutama dar Pajak dan Retribusi Daerah serta hak dan kewajiban sebagai warga negara.

    Diakhir kegiatan Kepala Desa Kebadu Kecamatan Balai memohon dan berharap agar Bappeda Kabupaten Sanggau selaku Koordinator Desa Fokus di Desa mereka dapat melaksanakan kegiatan peninjauan lapangan terhadap lokus / objek kegiatan pembangunan sebagaimana yang dikemukakan pada saat survey atau pendataan permasalahan yang dihadapi di desa Kebadu.




    Like it? Share with your friends!