Cegah Covid-19, Dinas Perhubungan Sanggau Data Penumpang di Terminal Bus Hingga Dermaga


  • Kamis, 26 Maret 2020
  • 22:10 WIB
  • Cegah Covid-19, Dinas Perhubungan Sanggau Data Penumpang di Terminal Bus Hingga Dermaga


    SANGGAU – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sanggau, Anselmus menyampaikan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, pihaknya melakukan pendataan penumpang disemua moda transportasi baik di terminal bus maupun dermaga di Sanggau.

    Pendataan itu dilakukan untuk mengetahui riwayat perjalanan penumpang.

    “Kami melakukan pendataan lengkap kepada penumpang baik diterminal maupun dermaga.” 

    “Pendataan tersebut diantaranya data diri penumpang, tujuan, mengunjungi siapa, dan berapa lama perjalanan,”katanya, Kamis (26/3/2020).

    Dishub Kalbar Terus Pantau Area Publik, Kadis Sempat Bentak Penumpang Bandel

    Anselmus menjelaskan, Dengan data tersebut tentunya mempermudah petugas kesehatan menentukan jejak perjalanan seseorang jika seseorang tersebut masuk dalam kategori ODP ataupun jika terkonfirmasi positif Covid-19.

    “Kadang juga kan ada seseorang yang ketika diwawancari petugas kesehatan tidak jujur, sehingga data yang kami miliki bisa kami sandingkan.”

    “Kami bisa menunjukan bukti perjalanannya sehingga bisa membantu petugas di lapangan untuk mengambil tindakan yang tepat selanjutnya,”ujarnya.

    Kebetulan, lanjutnya, Kami dari Dishub juga masuk sebagai anggota di Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sanggau.

    Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau Fraksi Hanura, Yulianto menyambut baik kesigapan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau yang melakukan pendataan kepada seluruh penumpang yang akan berangkat maupun datang dari luar Sanggau.

    Dikatakanya, langkah tersebut sangat tepat untuk mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Sanggau.

    Untuk itulah, Yulianto mengimbau kepada warga Sanggau yang baru pulang dari bepergian ke luar kota yang ditemukan adanya kasus Covid-19, Sebaiknya melaporkan diri kepada petugas kesehatan.

    “Kalau ada keluhan kesehatan misalnya, segera laporkan ke petugas kesehatan setempat, biar nanti mereka yang akan mendatangi kita,” ujarnya. (*)

    Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

    Update berita pilihan
    tribunpontianak.co.id di WhatsApp
    Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak




    Like it? Share with your friends!