SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN ANTISIPASI PENYEBARAN AFRICAN SWINE FEVER (ASF) DI DESA SEMIRAU KECAMATAN JANGKANG

SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN ANTISIPASI PENYEBARAN AFRICAN SWINE FEVER (ASF) DI DESA SEMIRAU KECAMATAN JANGKANG


Pada hari Senin, 19 April 2021 diadakan Sosialisasi Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran African Swine Fever (ASF). Sosialisasi dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Desa Semirau Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai. Sosialisasi ini dihadiri oleh Dadan Sumarna, SP, selaku Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan mewakili Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, Camat Jangkang, Kapolsek Jangkang, Danramil  Jangkang, Kepala BPP Jangkang, Kepala Puskesmas Jangkang, dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan jangkang.

Sosialisasi ini dilakukan untuk menindaklanjuti surat himbauan Camat jangkang perihal himbauan pencegahan dan antisipasi penyebaran ASF di Kecamatan Jangkang. Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Kapolsek Jangkang, Danramil Jangkang, Kepala Puskesmas Jangkang, Kepala Desa Semirau selaku tuan rumah, Kepala BPP Jangkang, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan Camat Jangkang sekaligus membuka acara Sosialisasi ASF. Pemberi Materi Sosialisasi Pencegahan dan Antisispasi Penyebaran ASF oleh drh. Yeni Kazia Bekalani selaku Medik Veteriner (Dokter Hewan) di Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Disbunnak Kabupaten Sanggau. Isi dari materi yang disampaikan antara lain pengenalan virus penyebab ASF, cara penularan, hewan yang peka terhadap ASF, gejala klinis yang timbul, pecegahan serta prosedur yang dilakukan jika ditemukan babi yang menderita ASF. African Swine Fever (ASF) adalah penyakit virus yang sangat menular dan menyebabkan kematian pada babi. hal ini menyebabkan kerugian ekonomi yang sangat tinggi disektor peternakan babi.

Sosialisasi ini juga mempertegas Peraturan Desa Semirau yang mewajibkan warganya untuk mengandangkan ternak babi sehingga dapat mencegah penyebaran penyakit ASF serta menjaga kebersihan lingkungan Desa.

Sosialisasi selesai pada pukul 13.00 WIB dengan sedikit catatan dari Kepala Desa Semirau Kecamatan Jangkang dimana memberikan tengang waktu sampai tanggal 1 Mei 2021 kepada seluruh Kepala Dusun di Desa Semirau untuk membina warganya agar mengandangkan ternak babi mereka.


DPP
More Stories
Lomba Foto Pariwisata Hari Jadi Ke-405 Kota Sanggau
Lomba Foto Pariwisata Hari Jadi Ke-405 Kota Sanggau