DINAS PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN SANGGAU MEMPERSIAPKAN VAKSINASI RABIES PROGRAM SABER'24 TAHUN 2021 DI TENGAH PANDEMI COVID-19

DINAS PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN SANGGAU MEMPERSIAPKAN VAKSINASI RABIES PROGRAM SABER’24 TAHUN 2021 DI TENGAH PANDEMI COVID-19


Dalam rangka melaksanakan program Sanggau Bebas Rabies 2024 (SABER 24), Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Sanggau dalam hal ini Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Program SABER 24 dengan Petugas Vaksinator yang ada di setiap kecamatan di Kabupaten Sanggau. Pelaksanaan rapat ini di pimpin langsung oleh Bapak Dadan Sumarna, SP selaku Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan dihadiri oleh 12 orang Petugas Vaksinator.

Pelaksanaan SABER 24 Tahun Anggaran 2021 akan dilaksanakan pada Bulan Juli secara serentak di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau. Pelaksanaan vaksin rabies pada tahun ini hanya akan terfokus pada hewan anjing mengingat jumlah vaksin yang terbatas dan juga anjing merupakan hewan penular rabies dengan persentasi tinggi (80%) dibanding dengan kucing. Selain itu, vaksinasi juga diprioritaskan di jalur sutera dan daerah yang berbatasan langsung dengan kabupaten lain. Petugas Vaksinator kecamatan dalam melaksanakan tugasnya juga diharapkan mematuhi protokol kesehatan untuk mecegah penularan COVID-19.

Pada kesempatan ini juga disampaikan materi tentang “Mengenal Penyakit Rabies, Cara Pengendalian Penyakit Rabies dan Rantai Dingin Vaksin Rabies” yang dibawakan oleh drh. Yeni Kezia Bekalani. Materi ini diberikan untuk merefresh kembali ingatan Petugas Vaksinator tentang penyakit rabies dan cara pengendaliannya agar dapat menyampaikan ke masyarakat langsung saat melakukan vaksinasi. Selain itu, rantai dingin vaksin juga harus benar-benar diperhatikan oleh petugas vaksinator agar vaksin yang disuntikkan menghasilkan antibodi yang maksimal di tubuh hewan tervaksin.

Diharapkan setelah melaksanakan rapat persiapan ini petugas vaksinator di setiap kecamatan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga Sanggau dapat terbebas dari penyakit Rabies.


DPP
More Stories
Pasca Sholat Ied Idul Fitri 1439 H, Sampah Koran Bertebaran Dinas LH Lakukan Pembersihan – Dinas Lingkungan Hidup
Pasca Sholat Ied Idul Fitri 1439 H, Sampah Koran Bertebaran Dinas LH Lakukan Pembersihan – Dinas Lingkungan Hidup