TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau Kubin mengatakan bahwa sampai hari ini kondisi pangan Kabupaten Sanggau cukup. Dari data ketahanan pangan tahun 2023, Sanggau hanya kekurangan 11 hari dari produksi domestik.

“Kurang 12 hari ini maksudnya produksi padi Kabupaten Sanggau tahun 2023 cukup untuk 11 bulan 19 hari. Sehingga ada 11 hari yang kurang, kekurangannya itu ditutupi dari yang didatangkan dari luar Sanggau,”katanya, Minggu 30 Juni 2024.

“Tapi kalau untuk kondisi ketahanan pangan rata-rata sudah pada tahan pangan, tingkat kecamatan semua petanya sudah hijau artinya sudah pada posisi tahan pangan,”tambahnya.

Dua tahun lalu lanjut Kubin, terdapat dua kecamatan di kabupaten Sanggau yang masih kuning (cukup tahan) tapi sekarang sudah meningkat menjadi sangat tahan (hijau).

Pj Bupati Sanggau Suherman,Sebut Pemkab Sanggau Berhasil Turunkan Angka Stunting

“Inilah kaitannya dengan ketersediaan produksi lokal tadi sudah cukup yaitu kurang 10 hari, kemudian distribusi lancar karena transportasi lancar. Kemudian ketersediaan dari pasar-pasar besar juga cukup, dan keamanan pangan juga relatif aman,” jelasnya.

Walaupun dari data cukup, para petani juga diharapkan tak boleh lengah, manfaatkan lahan mereka secara maksimal didampingi dengan para penyuluh.

“Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian juga sudah menyediakan pupuk subsidi bagi mereka, menyediakan bibit benih padi unggul dan para penyuluh juga mendampingi mereka,” tuturnya.

Kemudian dari Pemkab Sanggau melalui Dinas Pertanian juga berupaya untuk memberikan pelatihan kepada kelompok.

Seperti pelatihan administrasi kelompok, pelatihan peningkatan kelas kelompok dan teknis budidaya bagi para petani.

“Dengan harapan semua kompleksitas itu untuk menjaga keberlangsungan ketersediaan pangan, sehingga kondisi pangan Sanggau benar-benar tahan,”pungkasnya. (*)

Dapatkan Informasi Terkini dari Tribun Pontianak via SW DI SINI

Ikuti Terus Berita Terupdate Seputar Kalbar Hari Ini Di sini




Share.
Exit mobile version